Penulis Utama : Tanti Arianti
NIM / NIP : S581408004
×

ABSTRAK

Pendahuluan: Penyebab infertilitas pada penderita SOPK dapat dikaitkan dengan disfungsi endometrium berupa gangguan pada endometrium saat terjadi implantasi. Salah satu sitokin yang berpengaruh pada reseptivitas endometrium adalah Leukemia Inhibitory Factor (LIF). LIF terdapat pada epitel glandular endometrium dan memiliki pengaruh terhadap proses implantasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekspresi LIF pada endometrium pasien SOPK dan normal.

Bahan dan Metode: Penelitian case control dilakukan dengan menggunakan subjek penelitian pasien SOPK dan pasien normal di Klinik Sekar RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Laboratorium yang digunakan untuk penelitian adalah Laboratorium Patologi Anatomi RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Sampel diambil secara consecutive sampling mulai dari bulan April 2018 hingga September 2018, dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Didapatkan sampel penelitian sebanyak 60 orang dan dilakukan pengambilan biopsi endometrium pada sampel penelitian. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji Mann-whitney pada SPSS 22.0.

Hasil: Nilai rerata LIF pada pasien SOPK yaitu 1.53 + 3.65 sedangkan nilai rerata LIF pada kelompok kontrol adalah 35.33 + 21.04 dengan  p= <0 xss=removed xss=removed>

Simpulan: Terdapat perbedaan, yaitu penurunan ekspresi LIF pada endometrium pasien SOPK dibandingkan dengan pasien normal.

Kata Kunci: Leukemia Inhibitory Factor, Reseptivitas Endometrium, Sindrom Ovarium Polikisti

×
Penulis Utama : Tanti Arianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581408004
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Ekspresi Leukemia Inhibitory Factor (Lif) pada Endometrium Pasien Sindrom Ovarium Polikistik (Sopk) dan Normal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Pendidikan Dokter Spesialis-1 Obstetri dan Ginekologi-S581408004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Dr. Uki Retno B, SpOG(K)
2. Dr. Eriana Melinawati, SpOG(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.