Penulis Utama : Wanti Hasmar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708046
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Mental Skill Training dalam Olahraga Panahan (Studi pada Atlet Panahan Tingkat Intermediate di Provinsi Jambi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Keolahragaan-A121708046-2019
Subyek : MENTAL SKILL TRAINING, OLAHRAGA PANAHAN, TINGKAT INTERMEDIET.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya model-model latihan mental secara khusus yang dberikan untuk atlet panahan tingkat intermediet di Provinsi Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model MST (mental skill training), melaksanakan uji coba produk pengembangan, dan melaksanakan uji efektifitas produk untuk mengetahui hasil uji kefektifan model MST untuk peningkatan prestasi atlet panahan tingkat intermediet di Provinsi Jambi. 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “metode penelitian pengembangan, (Research and Development). 

Hasil penelitian tahap pertama adalah analisis kebutuhan dengan menggunakan metode wawaancara untuk mengetahui permasalahan latihan mental pada atlet panahan tingkat intermediet di Provinsi Jambi, dari hasil wawancara diketahui bahwa latihan mental belum diterapka secara seksama dalam program latihan dan sebelum pertandingan. Tahap kedua adalah perancangan produk awal, dalam hal ini model MST didasarkan pada kajian teoritis, sehingga dirumuskan dalam susunan sebagai berikut: (1) Teori panahan, (2) Psikologi olahraga, (3)  MST ,(4) MST dalam panahan, (5) Model MST. Tahap ketiga adalah uji coba produk awal, uji coba yang pertama adalah uji coba ahli dengan menggunakan 1 ahli psikologi olahraga dan 2 ahli praktisi panahan dengan 23 butir pertanyaan dengan hasil 81?n dapat diinterpretasikan bahwa rancangan produk bisa diuji cobakan pada tahap selanjutnya. Uji coba kelompok kecil dengan jumlah 5 atlet panahan menggunakan instrumen angket dengan 15 butir pertanyaan, hasil kelompok kecil adalah 78%. Uji coba kelompok besar dengan 8 atlet panahan dengan hasil 85%. Tahap keempat adalah uji efektifitas produk dengan membandingkan dua kelompok, satu kelompok diberi perlakuan produk pengembangan dan kelompok kain diberi perlakuan konvensional dengan menggunakan pre test dan post test desain. Nilai beda untuk masing-masing kelompok berdasarkan tes adalah: nilai beda kelompok eksperimen adalah 142 dan kelompok kontrol adalah 84. 

Kesimpulan akhir dinyatakan bahwa produk terbukti efektif meningkatkan prestasi atlet panahan tingkat intermediet di Provinsi Jambi.

Kata Kunci : Mental Skill Training, Olahraga Panahan, Tingkat Intermedie

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Dapus.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto.
2. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana