Penulis Utama : Litasari Kusuma Putri
NIM / NIP : I0313059
×

ABSTRAK

Industri mebel nasional makin terpuruk, penurunan daya saing membuat banyak keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia seperti memiliki luas hutan yang lebih besar, sumber daya manusia yang besar, dan iklim investasi yang berpotensi untuk berkembang tidak bisa dimanfaatkan. Kondisi ini mengancam sekitar 2,1 juta orang yang menggantungkan hidupnya pada industri mebel. Indonesia menempati peringkat ke-17dari 20 negara eksportir produk mebel dunia. Nilai ekspor mebel nasional 2015 hanya 1,93miliar dollar AS, menurun menjadi 1,6 miliar dollar AS pada tahun 2016 dan diperkirakan menurun menjadi 1,3 miliar dollar AS di tahun 2017. Penelitian ini mengambil studi kasus di PT X dan PT Y yang merupakan perusahaan bergerak pada bidang furniture. Sama halnya dengan PT Y, pemasaran PT X telah merambah pasar global, namun terjadi kesenjangan kesuksesan antara dua perusahaan mebel.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur besarnya nilai tambah serta distribusi nilai tambah di sepanjang rantai nilai PT X, melakukan benchmarking rantai nilai aktivitas inti antara PT X dan PT Y, serta mengusulkan alternative perbaikan aktivitas inti rantai nilai guna meningkatkan daya saing PT X agar setara dengan PT Y. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah value chains dan benchmarking. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan distribusi nilai tambah di sepanjang rantai nilai mebel ekspor tidak merata. PT X harus memperbaiki kinerjanya perusahaan dengan acuan PT Y untuk meningkatkan daya saing, salah satu perbaikan yang memberikan dampak besar adalah aktivitas pemasaran dan penjualan dengan indikator periklanan dan promosi dengan cara mengikuti pameran mebel di dalam negeri ataupun di luar negeri untuk mengikuti trend perkembangan mebel dan mengukur kemampuan PT X di pasar global.
Kata kunci—benchmarking, mebel ekspor, nilai tambah, rantai nilai x + 116 halaman; 14 gambar; 11 tabel; 2 lampiran; daftar pustaka (1992-2017)

 

×
Penulis Utama : Litasari Kusuma Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0313059
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Daya Saing PT X dengan Benchmarking Rantai Nilai Aktivitas Inti pada PT Y
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0313059-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eko Liquiddanu, S.T., M.T.,
2. I Wayan Suletra, S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.