Penulis Utama : M Shoyyin Shafii
NIM / NIP : E0013264
×

ABSTRAK

 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengkaji  perlindungan  hukum  bagi
konsumen PT. Rosalia Indah Transport berdasarkan Undang-Undang Nomor 8
Tahun 1999  tentang Perlindungan Konsumen dan  Undang-Undang Nomor 22
Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Penelitian ini adalah penelitian hukum yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Sumber penelitian hukum ini yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Pengumpulan bahan hukum yang dilakukan oleh penulis adalah mencari peraturan perundang-undangan mengenai atau yang berkaitan dengan perlindungan hukum konsumen PT. Rosalia Indah Transport.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Berdasarkan 9 (sembilan)   hak yang telah diatur di dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8
Tahun 1999  tentang Perlindungan Konsumen dan  Undang-Undang Nomor 22
Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan belum semuanya dipenuhi oleh PT. Rosalia Indah Transport. Terutama untuk hak atas keamanan, kenyamanan, dan keselamatan serta hak atas informasi yang benar, jelas  dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang/dan atau jasa. Kemudian Banyak upaya- upaya yang dapat ditempuh mengenai  penyelesaian sengketa konsumen bus PT. Rosalia  Indah Transport  akibat tidak dipenuhi  hak-haknya sebagai konsumen, mulai dari penyelesaian secara damai, melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), hingga jalur pengadilan. Baik bagi pemerintah, masyarakat maupun PT. Rosalia Indah Transport harus saling bahu-membahu dalam menegakan hukum yang sudah menjadi dasar perlindungan hukum terhadap konsumen bus di Indonesia. Bagi pemerintah melaksanakan kewajiabannya untuk memenuhi sarana-prasarana yang memadai dan melakukan pengawasan, bagi masyarakat harus selalu sadar akan hak dan kewajibannya sebagai konsumen, serta bagi PT. Rosalia Indah Transport dalam menjalankan kegiatan usahanya harus lebih mengedepankan kembali apa yang telah menjadi hak-hak konsumennya.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, BPSK, Bus, UUPK

 

×
Penulis Utama : M Shoyyin Shafii
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013264
Tahun : 2017
Judul : Perlindungan Hukum bagi Konsumen Bus Antar Kota Antar Provinsi (Studi Pada PT. Rosalia Indah Transport)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013264-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, S.H.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.