Penulis Utama : Fatihah Firdausi
NIM / NIP : E0013172
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) di  Indonesia dalam upaya penegakan hukum perdagangan Harimau Sumatera di Indonesia dan langkah-langkah apa yang dapat diupayakan oleh Pemerintah Indonesia untuk menegakan hukum perdagangan Harimau Sumatera di Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Adapaun jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari  bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Bahan hukum primer terdiri dari Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Bahan hukum sekunder yang terdiri dari jurnal nasional maupun internasional, tesis, skripsi, makalah. Bahan hukum tersier berupa black law dictionary.
Hasil penelitian berdasarkan teori penegakan hukum dari Lawrence Friedman menunjukkan bahwa penegakan hukum perdagangan Harimau Sumatera di Indonesia belum dapat dilaksanakan dengan optimal karena beberapa ketidaksesuaian substansi hukum, struktur hukum dan kultur hukum dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ketidaksesuaian substansi, struktur dan kultur hukum ini perlu diperbaiki dengan langkah-langkah pembaharuan substansi hukum, peningkatan sosialisasi dan perubahan kultur/budaya hukum.
Kata Kunci : Penegakan Hukum, Convention on International Trade in Endangered
              Species of Wild Fauna and Flora (CITES), Perdagangan Ilegal
          Harimau Sumatera

×
Penulis Utama : Fatihah Firdausi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013172
Tahun : 2017
Judul : Membangun Sistem Hukum Perdagangan Harimau Sumatera di Indonesia Berdasarkan Convention On International Trade In Endangered Species Of Wild Fauna And Flora (CITES)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013172-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Emmy Latifah, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.