Penulis Utama : Rangga Solichin
NIM / NIP : K1508016
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Adanya perbedaan  penerapan model Think Pair Share (TPS), Talking Stick dan Team Quis  terhadap hasil belajar siswa Kelas X Teknik Sipil SMK N 5 Surakarta Tahun ajaran 2014/2015, (2) Model pembelajaran manakah yang yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Sipil ditinjau dari penggunaan model kooperatif Think Pair Share (TPS), Talking Stick  dan Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TSA, X TSB dan X TSC masing-masing kelas berjumlah 30 siswa di SMK N 5 Surakarta. Sumber data terdiri dari Sumber data primer dan sekunder : (1) Sumber data primer yaitu, sumber data yang digunakan  untuk mendapatkan data hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan setelah menerapkan metode Think Pair Share (TPS), Talking Stick dan Team Quis, sumber data primer diperoleh dari nilai pretest dan posttest; (2) Sumber data sekunder yaitu sumber data yang digunakan untuk mendapatkan data nama siswa kelas X Teknik Sipil SMK N 5 Surakarta. Tenik pengumpulan data yaitu menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Sminorv Z dan homogenitas data menggunakan uji uji Levene Statistic, sedangkan Uji Hipotesis menggunakan Analisis Varian satu jalur (one way anova).
Hasil penelitian ini adalah, hasil analisis uji hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur (one way anova), diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,861  sedangkan Ftabel sebesar 3,101. Perolehan Ftabel diambil dari data uji Levene’s Tests diperoleh df1:2 dan df2: 87 pada taraf signifikasi 0,05, Sehingga didapat keputusan bahwa Ho (Hipotesis nol) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif) diterima, karena nilai Fhitung (5,861) > Ftabel (3,101). Maka dapat disimpulkan bahwa, ada perbedaan penerapan model kooperatif Think Pair Share (TPS), Talking Stick dan Team Quiz terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan penerapan  model kooperatif Think Pair Share (TPS), Talking Stick dan Team Quiz terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan siswa kelas X Teknik Sipil SMKN 5 Surakarta  Tahun ajaran 2014/2015; (2) Model pembelajaran Team Quiz paling efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick. Hal ini dilihat dari hasil posttest yang menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas X TSC yang paling tinggi dari pada nilai rata-rata siswa kelas X TSA dan X TSB.  

Kata kunci :  model kooperatif think pair share (TPS),  model kooperatif talking
stick, model kooperatif team quiz, hasil belajar.

 

 

×
Penulis Utama : Rangga Solichin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1508016
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan antara Siswa yang diajar dengan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) , Talking Stick dan Team Quiz Kelas X Teknik Sipil SMKN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Teknik Bangunan-K8114007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo,ST, M.Pd,
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.