Penulis Utama : Zulfa Prima Wahyuningrum
NIM / NIP : D0213107
×

ABSTRAK

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dan mendasar bagi semua orang. Komunikasi digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya manusia membutuhkan mahkluk lain untuk bertahan hidup karena sudah hukum alamnya manusia seperti itu. Jadi, dengan kata lain tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia membutuhkan komunikasi untuk bertahan hidup. Komunikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun dengan sangat mudahnya. Orang-orang dari berbagai agama, ras, suku, maupun daerah dapat melakukan komunikasi. Kita tinggal di negara Indonesia dimana negara majemuk ini memiliki begitu banyak ras suku atau etnis. Dari banyaknya etnis ini cara berkomunikasinya pun berbeda. Karena latar belakang budayanya berbeda. 

Hal ini lah yang dialami oleh mahasiswa perantau asal Lampung di lingkungan barunya yakni UNS. Di mana ia harus bisa beradaptasi dengan lingkung barunya. Tentu tidak mudah karena di dalam proses komunikasi yang mereka lakukan pasti terdapat hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi antarbudaya mahasiswa perantau asal Lampung di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan bagaimana hambatan komunikasi antarbudaya yang dialami oleh mereka. Mahasiswa perantau akan mengalami proses komunikasi antarbudaya seperti adanya perbedaan persepi antara komunikator dan komunikan dalam menyampaikan pesan, gaya personal seseorang dalam menyampaikan pesan seperti logat dan intonasi yang berbeda. Hal ini akan diiringi oleh hambatan yang ada berupa persepsi, emosi, dan non-verbal. Bahkan hambatan berupa bahasa yang akan menimbulkan perbedaan makna. Maka itu pentingnya mahasiswa perantau untuk mengetahui proses komunikasi antarbudaya beserta hambatannya agar bisa menjalin hubungan dengan budaya baru tersebut. Selain itu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam serta tinjauan pustaka sebagai teknik pengambilan data. Dan, menggunakan analisis interaktif dalam menganalisis data. Serta, triangulasi sumber sebagai teknik validasi data. 


Kata Kunci: Proses Komunikasi Antarbudaya, Hambatan Komunikasi Antarbudaya.

 

×
Penulis Utama : Zulfa Prima Wahyuningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213107
Tahun : 2017
Judul : Komunikasi antar Budaya di Kalangan Mahasiswa (Studi Tentang Proses Komunikasi antar Budaya Mahasiswa asal Lampung di Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0213107-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, SU.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.