Penulis Utama : Anis Elawati
NIM / NIP : E0013051
×

ABSTRAK
    
Penelitian hukum ini bertujuan  untuk menganalisis apa saja ruang lingkup dari Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Bangunan Gedung serta analisis tentang implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 8 Tahun 2016  tentang Bangunan Gedung sudah  sesuai dengan tujuan yang di capai. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan menggunakan pendekatan undang-undang, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Sumber penelitian ini diambil dari bahan hukum primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan bahan hukum studi kepustakaan atau studi dokumen. Semua bahan hukum tersebut kemudian dianalisis dengan metode silogisme menggunakan pola berpikir deduktif.
Hasil penelitian hukum ini memberikan beberapa petunjuk bahwa setiap bangunan gedung yang akan didirikan harus memiliki IMB dan mengacu pada Perda Kota Surakarta Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Bangunan Gedung yang mana setiap bangunan yang berdiri harus memiliki izin berupa surat bukti status kepemilikan tanah serta adanya kejelasan hak dan kewajiban masyarakat dalam melakukan pembangunan gedung di kota surakarta. Serta setiap masyarakat harus tertib dan memetuhi peraturan daerah yang berlaku agar tidak munculnya hunian liar tanpa ada status hak milik tanah.
Kata Kunci : Bangunan Gedung, Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB), Hunian Liar, Peraturan Daerah

 

×
Penulis Utama : Anis Elawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013051
Tahun : 2017
Judul : Implementasi Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan Gedung Di Kota Surakarta (Studi Perda Kota Surakarta Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Bangunan Gedung)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, SH.,M.Si
2. Wida Astuti,SH.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.