Penulis Utama : Alviandini Nanda Fajri’ah
NIM / NIP : E0013041
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan dari The Convention For The Suppression Of Unlawful Acts Against The Safety Of Maritime Navigation sebagai pengaturan di tingkat internasional terkait dengan kejahatan terorisme di laut pada kawasan ASEAN, serta mengkaji mekanisme kerjasama di ASEAN sebagai bentuk kerjasama di tingkat regional Asia Tenggara untuk menanggulangi terorisme di laut.
Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian normatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan dengan teknik analisis data yang digunakan adalah sistematisasi terhadap bahan-bahan hukum tertulis.
Hasil dari penelitian ini berupa tindak kejahatan terorisme di laut telah menjadi ancaman baru bagi keamanan laut di kawasan ASEAN. Konvensi SUA sebagai satu satunya pengaturan di tingkat internasional yang mengatur mengenai terorisme di laut berperan besar dalam menanggulangi permasalahan tersebut, utamanya pada kawasan ASEAN. Namun, penerapan konvensi SUA ini tidak bekerja secara maksimal di kawasan regional ASEAN, dikarenakan adanya hambatan-hambatan yang timbul di kawasan regional tersebut, sehingga dibutuhkan mekanisme di tingkat regional untuk mengatasi permasalahan tersebut. ASEAN sebagai salah satu organisasi internasional yang menaungi negara-negara di ASEAN memiliki mekanisme kerjasama antar anggota yang dapat digunakan sebagai alternatif bentuk penanggulangan terorisme di laut pada kawasan ASEAN, mekanisme tersebut yaitu, ASEAN Counter-terrorism dan ASEAN Regional Forum.


Kata Kunci: terorisme di laut, kejahatan transnasional, The Convention For The Suppression Of Unlawful Acts Against The Safety Of Maritime Navigation, ASEAN, keamanan laut, ASEAN Security Community

 

×
Penulis Utama : Alviandini Nanda Fajri’ah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013041
Tahun : 2017
Judul : Upaya Penanggulangan Terorisme di Laut pada Kawasan Asean melalui Mekanisme Kerjasama Multilateral dan Regional Asean dalam Rangka Mewujudkan Keamanan Laut
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Emmy Latifah, S.H, M.H
2. Diah Apriani Atika Sari. S.H., L.LM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.