Penulis Utama : Frida Maria Inriyani Fand
NIM / NIP : D1516039
×

Minat warga negara asing yang ingin tinggal ataupun berkunjung di Kota Yogyakarta dengan penuh kebudayaan serta Kota Yogyakarta menjadi kota pendidikan, sehingga banyak orang asing yang ingin bekerja, sekolah ataupun menetap di Kota Yogyakarta. Dengan adanya orang asing di Kota Yogyakarta, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta tidak hanya mengurus izin tinggal orang asing tetapi juga harus mengurus izin keluar warga negara asing dari Kota Yogyakarta.  maka  Kantor  Imigrasi  Kelas  I  Yogyakarta  berusaha  merespon tuntutan dan harapan pengguna layanan keimigrasian tersebut untuk membantu pelayanan exit permit only di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta.
Pengamatan yang dilakukan mempunyai tujuan untuk menilai bagaimana manajemen  pelayanan dalam pemberian exit permit only bagi orang asing di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. Mengacu pada teori segitiga pelayanan (service triangel), komponen dari segitiga pelayanan meliputi strategi pelayanan (service strategy), sumber daya pemberi pelayanan (service people) dan sistem pelayanan (service system).
Jenis pengamatan yang dilakukan berbentuk deskriptif kualitatif. Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  metode  purposive  sampling,  untuk validitas data dilakukan dengan tranggulasi data. Data primer dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara secara mendalam terhadap informan seperti pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta dan beberapa warga negara asiing pengguna jasa keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta. sedangkan data sekunder dikumpuulkan dengan melihat dan memeriksa arsip dan dokumen yang berhubungan dengan materi penulis.
Hasil pengamatan menyatakan bahwa manajemen pelayanan dalam pemberian exit permit only di Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta dilihat dari ketiga komponen yakni strategi pelayanan, sumber daya pemberi pelayanan dan sistem pelayanan sudah cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan atau keterbatasan dalam pemberian pelayanan kepada pengguna jasa khususnya orang asing. Pihak kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta juga berusaha meminimalisasi dengan merespon apa yang  menjadi keluhan-keluhan dari  masyarakat  melalui sistem  pengaduan  yang  telah  disediakan,  sehingga  pelayanan  yang  diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa.
Kata kunci : Manajemen Pelayanan, Exit Permit Only, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Frida Maria Inriyani Fand
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516039
Tahun : 2019
Judul : Manajemen pelayanan dalam pemberian exit permit only bagi orang asing di kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prog DIII. Manajemen Administrasi-D1516039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.