Penulis Utama : Laelatu Nur Khotimah
NIM / NIP : K7615031
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui dan menguji pengaruh secara bersama-sama prestasi belajar siswa dan dukungan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta, 2) mengetahui dan menguji pengaruh prestasi belajar terhadap minast siswa melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta dan 3) mengetahui dan menguji pengaruh dukungan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Angkatan 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling . Jumlah sampel adalah 170 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y= 3,589 – 0,010  X1 + 0,864 X2. Peningkatan variabel prestasi belajar akan mengurangi minat siswa masuk perguruan tinggi dan peningkatan dukungan orang tua akan meningkatkan minat siswa masuk perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama prestasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi, (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi, Nilai adjusted R square sebesar 0,622, artinya prestasi belajar dan dukungan orang tua siswa dapat menerangkan minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 62,2% dan sisanya 37,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model regresi yang diteliti. Sekolah dan guru hendaknya mengajarkan materi ujian masuk perguruan tinggi, orang tua meningkatkan perhatian, penghargaan, pengalaman dan pengetahuan perguruan tinggi, dan peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang efikasi diri dan faktor lain yang mempengaruhi minat siswa masuk perguruan tinggi.

Kata kunci: prestasi belajar, dukungan orang tua, minat melanjutkan perguruan tinggi.

 

×
Penulis Utama : Laelatu Nur Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615031
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Prestasi Belajar dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Ekonomi-K7615031-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuni, M.M,
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.