Penulis Utama : Suprihatin
NIM / NIP : K1212067
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar ditinjau dari aspek isi, organisasi, penguasaan bahasa, kosakata, dan mekanik.
Penelitian ini dilakukan di wilayah Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato berdasarkan aspek ketepatan isi terdiri dari: sangat tepat sebanyak 19 siswa (90.5%), tepat sebanyak 0 siswa (0%), cukup tepat sebanyak 0 siswa (0%), dan kurang tepat sebanyak 2 siswa (9.5%). Kedua, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato bedasarkan aspek organisasi (kohesi dan koherensi) terdiri dari: sangat koheren dan kohesif sebanyak 6 siswa (28.6%), koheren dan kohesif sebanyak 12 siswa (57.1%), cukup koheren dan kohesif sebanyak 3 siswa (14.3%), dan kurang koheren dan kohesif sebanyak 0 siswa (0%). Ketiga, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato bedasarkan aspek penguasaan bahasa (kalimat efektif) terdiri dari: sangat efektif sebanyak 2 siswa (9.5%), efektif sebanyak 14 siswa (66.7%), cukup efektif sebanyak 5 siswa (23.8%), dan kurang efektif sebanyak 0 siswa (0%). Keempat, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato bedasarkan aspek kosakata terdiri dari: sangat tepat sebanyak 4 siswa (19%), tepat sebanyak 11 siswa (52.4%), cukup tepat sebanyak 5 siswa (23.8%), dan kurang tepat sebanyak 1 siswa (4.8%). Kelima, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato bedasarkan aspek mekanik (ejaan dan tanda baca) terdiri dari: sangat tepat sebanyak 0 siswa (0%), tepat sebanyak 2 siswa (9.5%), cukup tepat sebanyak 6 siswa (28.6%), dan kurang tepat sebanyak 13 siswa (61.9%). Keenam, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato bedasarkan aspek sistematika terdiri dari: sangat tepat sebanyak 5 siswa (23.8%), tepat sebanyak 10 siswa (47.6%), cukup tepat sebanyak 6 siswa (28.6%), dan kurang tepat sebanyak 0 siswa (0%) . Ketujuh, faktor  penyebab rendahnya kemampuan menulis teks pidato antara lain: referensi buku tata bahasa yang kurang; penguasaan kaidah yang tidak memadai; kurangnya motivasi menulis siswa; kurangnya ketelitian dalam proses menulis; dan kurangnya penguasaan kosakata siswa. Kedelapan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemampuan menulis teks pidato antara lain: menambah koleksi buku pedoman bahasa Indonesia; meningkatkan penguasaan kaidah bahasa siswa, pembelajaran menulis menggunakan pendekatan proses, dan memperbanyak membaca dan latihan menulis

×
Penulis Utama : Suprihatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212067
Tahun : 2017
Judul : Kemampuan siswa dalam menulis teks pidato (studi kasus pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.,
2. Atikah Anindyarini, S.S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.