Penulis Utama : Cynthia Erin Hadipratiwi
NIM / NIP : K6413016
×

Tujuan penelitin ini adalah: 1) Mengetahui keanekaragaman etnis dapat menciptakan integrasi sosial; 2) Mengetahui kegiatan kelompok merupakan salah satu bentuk afiliasi ganda yang akan menciptakan integrasi sosial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa, tempat, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Keanekaragaman etnis dapat menciptakan integrasi sosial manakala: a) komunikasi dan interaksi antarsiswa menunjukan hasil yang baik dan lancar, dengan adanya bentuk-bentuk komunikasi, seperti belajar kelompok dan latihan bersama; b) konflik antarsiswa sangat jarang terjadi, hanya terdapat beberapa kasus pelanggaran tata tertib sekolah yang terjadi, terhadap siswa tertentu; c) siswa dapat memiliki sikap saling memberikan dorongan dan dukungan terhadap tujuan dan minat yang lebih luas; 2) Kegiatan kelompok merupakan salah satu bentuk afiliasi ganda yang akan menciptakan integrasi sosial manakala: a) siswa memiliki sikap saling menghormati dan menghargai adanya perbedaan etnis; b) siswa dapat lebih mudah beradaptasi, dapat menerima etnis lain, dan dapat saling membantu dalam mengikuti dua kelompok yang berbeda; c) siswa dapat menjaga etnis mereka sendiri, melindungi, serta membantu teman yang berbeda etnis yang sedang mengalami kesulitan; d) siswa dapat bekerjasama dengan adanya pembagian tugas dalam dua kelompok yang berbeda tetapi masih kurang menunjukan peran ganda; e) siswa dapat saling mendukung dalam bentuk menonton lomba, memberikan semangat, belajar bersama, latihan bersama, dan mendoakannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan siswa-siswa di sekolah tersebut menunjukan adanya integrasi sosial dan afiliasi ganda tetapi kedua hal tersebut tidak saling mengakibatkan.

Kata kunci: Etnis, Integrasi Sosial, Afiliasi Ganda

×
Penulis Utama : Cynthia Erin Hadipratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413016
Tahun : 2017
Judul : Afiliasi ganda pada siswa Sekolah Menengah Pertama Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta tahun ajaran 2016/2017 terhadap integrasi sosial
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud A. R, S. H, M. Si.
2. Muh. Hendri N, S. Pd., M. Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.