Penulis Utama : Ahmad Hilmi Fuadi
NIM / NIP : K3213005
×

ABSTRAK 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan lirik lagu wajib nasional, 2) motivasi siswa dalam menggambar ilustrasi dengan memanfaatkan lirik lagu wajib nasional, dan 3) keberagaman gambar ilustrasi siswa dengan memanfaatkan lirik lagu wajib nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah “purposive sampling”. Sumber data yang digunakan berasal dari dokumen, deskripsi tempat dan peristiwa, serta wacana dari  informan. Informan yang dipilih antara lain: 1). Guru  mata pelajaran seni rupa. 2) Siswa kelas XI IPS 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian ini: 1) model pembelajaran yang digunakan adalah Problem solving and discovery Inquiry. Fokus model ini adalah untuk melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan tugas yang nantinya akan menghasilkan karya yang nyata dalam pekerjaan siswa. Model pembelajaran ini berjalan dengan baik. 2) Motivasi siswa terhadap materi menggambar ilustrasi memberikan dampak positif, yaitu siswa semakin semangat dalam  mengerjakan tugas dari guru dikarenakan adanya unsur musik dalam pembelajaran. 3) Keberagaman karya siswa dalam materi menggambar ilustrasi dapat dilihat melalui hasil karya siswa. 

Kata kunci : Ilustrasi, Menggambar, Lagu Wajib Nasional

×
Penulis Utama : Ahmad Hilmi Fuadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213005
Tahun : 2019
Judul : Pembelajaran Seni Budaya Materi Ilusrasi dengan Tema Lirik Lagu Wajib Nasional di Kelas XI SMANegeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Seni Rupa-K8114007-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Dra. MY. Ning Yuliastuti M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.