Penulis Utama : Jevri Dwi Ambarwati
NIM / NIP : D1516055
×

Persediaan merupakan salah satu daerah keputusan yang paling riskan. Faktor penting penentu kinerja pelayanan adalah ketersediaan (availability) produk yang menjadi   cermin   keberjalanan   manajemen   persediaan   di   suatu   perusahaan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui kendala mengenai persediaan barang   jadi dan penanganan yang dilakukan oleh perusahaan serta cara menentukan persediaan optimal dalam manajemen persediaan barang jadi di PT Indaplas Kreasi Mandiri Karanganyar.
Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan secara rinci keadaan di lapangan sehingga menghasilkan data-data yang sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, perekaman dan pencatatan data.
Dari pengamatan yang dilakukan di PT Indaplas Kreasi Mandiri Karanganyar diketahui bahwa metode pengendalian barang jadi pada perusahaan menggunakan kombinasi  antara  metode  EOQ  (Economic  Order  Quantity)  yang  sebelumnya telah ada dengan metode baru    JIT (Just In Time). Pemilihan metode pengendaliaan persediaan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. Penggunaan  kedua  metode  pengendalian  persediaan  tersebut  mampu menghasilkan persediaan yang optimal. Mampu menekan biaya-biaya yang ditimbulkan seminimal mungkin dan menghasilkan jumlah persediaan yang tepat. First In First Out (FIFO) digunakan dalam penilaian persediaan barang jadi di PT Indaplas Kreasi Mandiri Karanganyar. Penggunaan metode FIFO (First In First Out) mampu menghasilkan Harga Pokok Penjualan (HPP) yang rendah, nilai persediaan   disajikan   secara   relevan      dan   menghasilkan   laba   tinggi   bagi perusahaan. Permasalahan terkait persediaan seperti ketersediaan barang, out of date, dan permasalahan lainya masih ditemui dan pasti akan selalu ditemui dalam aktivitas  perusahaan  terutama  di  perusahaan  dengan  skala  dan  difersivikasi produk yang tinggi. PT Indaplas Kreasi Mandiri Karanganyar mampu mengelola permasalahan dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar  bagi perusahaan. Namun demikian, evaluasi produk dan pengawasan secara berkala perlu dilakukan untuk mengetahui pergerakan barang jadi yang selalu berubah sehingga jumlah persediaan dapat ditetapkan secara lebih akurat.
Kata kunci    : Manajemen, Persediaan Barang Jadi

×
Penulis Utama : Jevri Dwi Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516055
Tahun : 2019
Judul : Persediaan barang jadi pada PT Indaplas Kreasi Mandiri Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prog DIII. Manajemen Administrasi-D1516055-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.