Penulis Utama : Wira Widi Sadewa
NIM / NIP : K3215062
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai pendidikan karakter pada tokoh film animasi Adit Sopo Jarwo yang meliputi tokoh Adit, Dennis, Jarwo, Sopo dan Haji Udin dengan dilihat dari sisi visualisasi tokoh, gerakan, tata suara; dan (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung pada episode cerita Ojek Payung Bikin Bingung dengan dilihat dari unsur intrinsik dan ektrinstik. 

Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis studi pustaka. Data yang dianalisis berupa hasil observasi dan analisis dokumen pada film animasi Adit Sopo Jarwo, serta wawancara mendalam dengan animator Adit Sopo Jarwo.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada tokoh film animasi Adit Sopo Jarwo, nilai-nilai pendidikan karakter terdapat pada tokoh Adit, Sopo dan Haji Udin yang dapat dijadikan contoh kepada penonton. Adit digambarkan sebagai seorang anak kecil yang baik jujur, sopan dan suka menolong, Sopo digambarkan sebagai tokoh yang memiliki banyak kekurangan namun menjalani kekurangan tersebut dengan penuh kesabaran, dan Haji Udin sebagai tokoh ustadz yang bijaksana dalam menyelesaikan masalah, cinta perdamaian dan selalu memberikan nasihat bagi kepada seseorang yang melakukan kesalahan. Selain itu ada beberapa tokoh yang tidak dapat dicontoh karena kurangnya nilai pendidikan karakter yang ada pada tokoh tersebut seperti tokoh Dennis dan Jarwo. Dennis digambarkan sebagai anak bertumbuh gemuk yang sering tidak percaya diri, dan penakut, sedangkan Jarwo digambarkan sebagai pria dewasa dengan wajah garang yang memiliki sifat mudah tersulut emosi, dan melakukan usaha dengan cara yang kurang benar ; (2) Ojek Payung Bikin Bingung, pada episode cerita ini terdapat nilai pendidikan karakter yang terkandung didalamnya seperti nilai kejujuran seperti kejujuran dalam melakukan usaha, keja keras dalam melakukan usaha, berfikir kreatif dalam mencari peluang usaha, mandiri untuk tidak selalu tergantung pada orang lain, dan peduli sosial saling menolong sesama dan tanggung jawab dalam menghadapi Masalah.


Kata Kunci : pendidikan karakter, film animasi, Adit Sopo Jarwo.

 

×
Penulis Utama : Wira Widi Sadewa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215062
Tahun : 2019
Judul : Kajian Nilai Pendidikan Karakter pada Film Animasi Indonesia “Adit Sopo Jarwo”
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Seni Rupa-K3215062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd
2. Lili Hartono, S.Sn., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.