Penulis Utama : Nuzzila Rizki Fidarina
NIM / NIP : D1516072
×

Pembangunan  suatu wilayah/kota  yang  didasarkan  pada  kondisi kecamatan  yang  dimilikinya  perlu adanya  rencana  pembangunan  yang  sesuai. Rencana pembangunan dapat sesuai apabila disusun berdasarkan kondisi sesungguhnya daerah tersebut. Untuk mengetahui kondisinya diperlukan data dan informasi statistik yang akurat, berkesinambungan, terukur dan transparan.
Namun, masalah kerap dijumpai oleh para perencana dalam pembangunan suatu daerah/wilayah saat memperoleh data yang diperlukan. Minimya data serta ketidak-akuratan data akan mengganggu kinerja para perencana untuk pembangunan  tersebut.  Hal  ini  juga  terjadi  pada  Kota  Kediri  yang  memiliki banyak potensi dalam berbagai aspek pembangunan di masa depan sehingga keakuratan data demi pengadaan perencanaan pembangunan sangat diperlukan. Oleh karena itu, data-data statistik yang mendukung proses perencanaan juga diperlukan sesuai dengan masing-masing wilayah di Kota Kediri.
Dalam hal ini Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri sebagai salah satu cabang BPS Kota/Kabupaten memberikan data dan informasi dalam bentuk publikasi mengenai data statistik kecamatan yang ada di Kota Kediri berupa publikasi Kecamatan Dalam Angka (KCA). Tujuan pengamatan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui  dan mendeskripsikan pengolahan dan penataan data pada   publikasi   KCA   di   BPS   Kota   Kediri.   Pengamatan   tugas   akhir   ini menggunakan  metode  pengamatan  deskriptif  kualitatif  dengan  teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari pengamatan Tugas Akhir ini dapat disimpulkan dalam proses publikasi KCA (Kecamatan Dalam Angka) terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui agar KCA dapat dipublikasikan dengan sempurna. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelum mempublikasikan KCA yaitu melakukan perencanaan publikasi,   mengumpulkan   data-data   yang   diperlukan   demi   publikasi,   dan mengolah serta menata data yang ada agar siap dipublikasikan. Pengolahan dan penataan  data  KCA  sesuai  panduan  publikasi  BPS  penting  dilakukan  agar publikasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Kata Kunci : Pengolahan data, Penataan data, Publikasi KCA

×
Penulis Utama : Nuzzila Rizki Fidarina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516072
Tahun : 2019
Judul : Pengolahan dan penataan data dalam publikasi Kecamatan dalam Angka (KCA) di BPS Kota Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prog DIII. Manajemen Administrasi-D1516072-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Gendrowati, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.