Penulis Utama : Aditya Febrian Hadi
NIM / NIP : K7614003
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (2) pengaruh penggunaan smartphone terhadap kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (3) pengaruh kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik kuesioner untuk data penggunaan smartphone dan kecanduan smartphone, serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan taraf signifikansi 5%, data diolah dengan bantuan program aplikasi pengolahan data IBM AMOS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang tidak signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 0,181 (p = 0,87 > 0,05) dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung melalui variabel kecanduan smartphone yang ditunjukkan dengan nilai -0,047 (p = 0,405 > 0,05); (2) terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 2,176 (p = 0,000 < 0 xss=removed> 0,05).
Kata kunci: penggunaan smartphone, kecanduan smartphone, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Aditya Febrian Hadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614003
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh penggunaan smartphone dan kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7614003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristiani, M.Si.
2. Budi Wahyono, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.