Penulis Utama : Fadila Aina Atista
NIM / NIP : K3513019
×

Pengembangan aplikasi Letshoot berbasis android sebagai media pembelajaran troubleshooting  jaringan  dilatarbelakangi  oleh  banyaknya  siswa yang kesulitan memahami mata pelajaran troubleshooting jaringan, serta belum adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Letshoot (Learn Network Troubleshooting) yaitu media   pembelajaran roubleshooting jaringan yang berbasis android dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi Letshoot berdasarkan ahli media, ahli materi dan pengguna.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Banyudono.Tahap-tahap dari model pengembangan Borg and Gall terdiri dari (1) Penelitian dan Pengumpulan Data yang meliputi analisis kebutuhan fungsional, analisis kebutuhan non fungsional dan analisis kebutuhan materi, (2) Perencanaan yang meliputi pembuatan peta navigasi dan stroyboard, (3) Pengembangan draf produk yang meliputi pembuatan produk, pembuatan instrumen evaluasi, serta pengujian kelayakan aplikasi oleh ahli media dan ahli materi, (4) Uji Coba Lapangan Awal yaitu pengujian aplikasi kepada pengguna yaitu 15 orang siswa Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Banyudono, (5) Revisi produk yaitu penyempurnaan aplikasi berdasarkan saran dan komentar dari ahli media, ahli materi dan pengguna.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi Letshoot sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Troubleshooting Jaringan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 90,64%, dari ahli materi sebesar 82% dan dari pengguna sebesar 82,11%. Hasil penilaian tersebut diukur dengan menggunakan skala likert.

Kata Kunci : media pembelajaran, android, troubleshooting jaringan

×
Penulis Utama : Fadila Aina Atista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513019
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan aplikasi letshoot berbasis android sebagai media pembelajaran Troubleshooting jaringan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K2513019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta, S.Kom., M.Eng.,
2. Endar Suprih W, S.T., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.