Penulis Utama : Febriana Kurnia Fitri
NIM / NIP : K4415020
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 4 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan multimedia interaktif dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA 5 SMA Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif komparatif dan metode analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 4 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki kerja sama dengan kategori tinggi yaitu 56,25% pada prasiklus, meningkat menjadi 71,88% pada siklus I, dan 84,38% pada siklus II. Rata-rata pencapaian indikator kerja sama juga mengalami peningkatan dari 65,45% pada prasiklus, menjadi 75,55% pada siklus I, dan 83,03% pada siklus II. Pencapaian indikator kerja sama tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%; 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 4 Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori tinggi yaitu 31,25% pada prasiklus, meningkat menjadi 62,50% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Rata-rata pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis juga mengalami peningkatan dari 63,88% pada prasiklus, menjadi 78,13% pada siklus I, dan 84,63% pada siklus II. Pencapaian indikator kemampuan berpikir kritis tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan multimedia interaktif dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kerja sama dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci:  pembelajaran sejarah, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, multimedia interaktif, kerja sama, kemampuan berpikir kritis

 

×
Penulis Utama : Febriana Kurnia Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415020
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan multimedia interaktif untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4415020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Isawati, S.Pd., MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.