Penulis Utama : Mikha Frinca Emeninta
NIM / NIP : K3115033
×

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe 1 berupa buku panduan dan lembar kerja peserta didik yang berisi kurikulum formal dan instruksional peningkatan kebiasaan perilaku beribadah dengan teknik reflective journaling untuk peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi guru BK yang akan siap diuji validitas, kefektifan, dan kepraktisannya.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Pada desain penelitian dan pengembangan terdapat tiga tahapan yang dapat dilakukan yaitu (1) pembuatan produk; (2) uji validitas dan uji kepraktisan; dan (3) uji kefektifan, namun penelitian ini hanya sampai pada tahap 1. Pada tahap 1 ini dilakukan kajian empirik dan kajian teoritik. Subjek dalam kajian empirik ini yaitu peserta didik SMP, orang tua, dan guru BK se-eks Karesidenan Surakarta. Data yang didapat dari lapangan berupa data presentase tingkat kebutuhan dan kepentingan pengembangan layanan bimbingan dan konseling, hasil wawancara dengan guru BK, dan hasil studi literatur tentang perilaku beribadah dan reflective journaling.
Hasil penelitian tahap 1 terbagi menjadi tiga yaitu: Pertama, kajian empirik didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan pesera didik yang diperoleh dari 2416 responden memiliki hasil presentase 62,38% sangat dibutuhkan, 31,91% dibutuhkan, 63,53% sangat penting, dan 31,66% penting terhadap pengembangan kebiasaan perilaku beribadah ritual sesuai dengan ketentuan agama yang dianutnya. Kedua, kajian teoritik mengenai kebiasaan perilaku beribadah, teknik reflective journaling, teori pengembangan produk dan kriteria kualitas produk yang meliputi: pengertian perilaku beribadah; faktor kebiasaaan perilaku beribadah; cara membentuk kebiasaan perilaku beribadah; ibadah salat dalam agama Islam,
membaca Alkitab dalam agama Kristen dan Katholik; pengertian teknik reflective journaling; kegunaan teknik reflective journaling; tahapan teknik reflective journaling; teori pengembangan produk, dan kriteria kualitas produk. Ketiga, penelitian ini menghasilkan prototipe 1 berupa “Kurikulum Formal dan Instruksional Peningkatan Kebiasaan Perilaku Beribadah Peserta Didik SMP dengan Teknik Reflective Journaling bagi Guru BK”.
Hasil prototipe 1 tersebut siap diuji validitas, kepraktisan, dan kefektifannya melalui penelitian dan pengembangan selanjutnya.
Kata Kunci: kurikulum formal, kurikulum instruksional, perilaku beribadah, teknik reflective journaling

×
Penulis Utama : Mikha Frinca Emeninta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115033
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan kurikulum formal dan instruksional peningkatan kebiasaan perilaku beribadah peserta didik SMP dengan teknik reflective journaling bagi guru BK
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3115033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Ribut Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.