Penulis Utama : Yanis Widiana
NIM / NIP : D1516101
×

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menguraikan prosedur penerimaan pegawai guna memenuhi kualitas produksi garmen pada PT. Dan Liris Sukoharjo. Tenaga kerja atau pegawai menjadi salah satu faktor penting dalam pemenuhan kualitas produksi garmen. Oleh karena itu perusahaan tidak sembarangan dalam menerima pegawai, SDM  yang diterima harus sesuai dengan kualifikasi  yang dibutuhkan agar dapat memenuhi standar kualitas yang baik.
Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif dengan observasi berperan aktif untuk mendapatkan data-data yang mendukung  dan  menggambarkan  fakta-fakta  yang  ada.  Sumber  data  yang diperoleh   dalam   pengamatan   ini   berasal   dari   narasumber   dan   dokumen perusahaan. Teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi langsung dan studi kepustakaan.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa prosedur penerimaan pegawai guna memenuhi  kualitas  produksi  garmen  pada  PT.  Dan  Liris  diawali  dengan melakukan  perencanaan  kebutuhan  pegawai,  menentukan  cara  mendapatkan
pegawai, dan mempertimbangkan kualifikasi-kualifikasi yang harus dipenuhi pelamar kerja. Pada pelaksanaannya penerimaan pegawai dilakukan dengan tahapan pemeriksaan dokumen, pelaksanaan serangkaian tes, dan diakhiri dengan keputusan penerimaan berdasarkan hasil tahapan tes yang telah dilalui calon pegawai. Kendala dalam pelaksanaan penerimaan pegawai PT. Dan Liris yakni sulit mendapatkan kandidat sesuai kriteria harapan perusahaan; sulit menerapkan kemampuan pelamar dengan standar kualifikasi; besaran gaji yang diharapkan pelamar kadang jauh dari anggaran; formasi jabatan yang kosong tidak dapat langsung terpenuhi dan harus melakukan proses rekrutmen kembali; pelamar tidak jujur dan kurang terbuka dalam memberikan informasi; serta recruiter yang tidak objektif  dan  kurang  selektif  dalam  menentukan  calon  pegawai.  Upaya  yang
dilakukan PT. Dan Liris diantaranya dengan mengupayakan media massa dan media sosial untuk menyebarluaskan informasi  lowongan kerja serta menjalin kerja sama dengan berbagai instansi yang dapat merekomendasikan kandidat yang dibutuhkan; membuat uraian pekerjaan yang memuat persyaratan kualifikasi minimum; calon pegawai dengan Direktur Umum berusaha mencapai kesepakatan bersama terkait besaran gaji; memberikan akses kepada pelamar kerja melalui sosialisasi mengenai rekrutmen perusahaan; memeriksa referensi pelamar lebih mendalam untuk mengontrol benar tidaknya informasi yang diberikan pelamar; serta meningkatkan kemampuan recruiter dalam menentukan kandidat yang tepat dan berkualitas. Dari uraian dan data pengamatan, disimpulkan bahwa penerimaan pegawai sesuai prosedur dapat meningkatkan kualitas produksi garmen pada PT.
Dan Liris, ditambah dengan adanya training dan pengembangan skill pegawai.
Kata Kunci : Prosedur, Penerimaan Pegawai, Kualitas.

×
Penulis Utama : Yanis Widiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516101
Tahun : 2019
Judul : Prosedur penerimaan pegawai guna memenuhi kualitas produksi garmen pada PT. Dan Liris Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prog DIII. Manajemen Administrasi-D1516101-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.