Penulis Utama : Zahid Abdush Shomad
NIM / NIP : S851602041
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses dan hasil pengembangan modul yang valid, praktis dan efektif dalam pembelajaran matematika untuk siswa tunagrahita, 2) apakah pembelajaran menggunakan modul pull out berbantuan media untuk siswa tunagrahita efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.

Penelitian pengembangan modul pull out ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang dimodifikasi. Model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) tahap pendefinisian; 2) tahap perancangan; 3) tahap pengembangan; 4) tahap penyebaran. Penambahan proses forum group discussion (FGD) merupakan bentuk modifikasi. FGD dilakukan antara peneliti dengan para ahli apabila terdapat ketidaksesuaian hasil dengan tujuan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis kualitas modul berdasarkan saran dari validator, skor kriteria keefektifan dan kepraktisan, dan analisis pretes-postes prestasi belajar matematika dengan menggunakan uji T (uji hipotesis).

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) proses pengembangan modul diawali dengan analisis permasalahan dan kebutuhan siswa tunagrahita, konstruksi instrumen, pemilihan format modul sehingga diperoleh draf 1 sebagai desain awal modul. Proses validasi dilakukan dengan menindaklanjuti saran dari ahli sehingga diperoleh modul yang valid. Modul yang sudah valid dilakukan uji coba dan diperoleh hasil modul praktis dengan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran 90% dan efektif berdasarkan persentase respon siswa sebesar 87%.; 2) pembelajaran dengan modul pull out lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dibanding menggunakan bahan ajar yang sudah ada.

Kata kunci: tunagrahita, modul pull out, prestasi belajar matematika.

×
Penulis Utama : Zahid Abdush Shomad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851602041
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Modul Pull Out Berbasis Teori Van Hiele Berbantuan Media Pada Siswa Tunagrahita Ringan Tingkat Sekolah Menengah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Matematika- S851602041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc. Ph.D,
2. Dr. Riyadi, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.