Penulis Utama : Risma Sofyani
NIM / NIP : R1116071
×

 

Latar Belakang Keresahan masyarakat akibat kenakalan remaja semakin diperburuk dengan ketidakmampuan institusi sekolah dan kepolisian untuk mengurangi  angka kriminalitas  di  kalangan  remaja.  Bimbingan dan  konseling merupakan salah satu upaya untuk memecahkan permasalahan remaja terutama remaja yang berada di SMAN 8 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang bimbingan dan konseling dengan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 86 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan korelasi Lambda.

Hasil :. Berdasarkan penelitian didapatkan siswa dengan pengetahun cukup sebanyak  47,7% dan siswa dengan sikap  yang positif sebanyak 52,3%.  Hasil analisis Lambda yaitu r = 0,244; p = 0,009.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara Pengetahuan siswa tentang bimbingan dan konseling dengan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 8 Surakarta. Maknanya adalah semakin tinggi pengetahuan siswa tentang bimbingan dan konseling semakin positif sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Bimbingan dan Konseling

×
Penulis Utama : Risma Sofyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116071
Tahun : 2017
Judul : Hubungan pengetahuan siswa tentang bimbingan dan konseling dengan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R1116071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Mulyani, S.Kep., Ns., M.Kes
2. Ika Sumiyarsi Sukamto, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.