Penulis Utama : Sriyono
NIM / NIP : S861402042
×

Metode tutor sebaya merupakan metode yang dilakukan dengan cara memperdayakan  kemampuan  siswa yang memiliki daya serap tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi  atau latihan kepada teman-temannya yang belum paham. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apakah dengan penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa  kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen sebanyak 34 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan  berdasarkan hasil jawaban angket  keaktifan yang diberikan kepada siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa jumlah skor rata-rata sebesar 62,35 dan ketuntasan klasikal 41,18%, siklus II jumlah skor rata-rata sebesar 64,74 dan ketuntasan klasikal 73,53%, dan siklus III jumlah skor rata-rata sebesar 66,91 dan ketuntasan klasikal 94,12%. Sedangkan hasil belajar siswa hasil post test, siklus I rata-rata sebesar 67,94 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 41,18%, siklus II rata-rata  sebesar 77,79 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 79,41%, siklus III rata-rata sebesar 80,00 dengan pencapaian ketuntasan sebesar 100%.

Penerapan metode tutor sebaya mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar karena siswa  tidak  merasa  enggan  untuk  bertanya, adanya hubungan lebih akrab antara murid dan tutor, bersifat efisien dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab. Metode pembelajaran ini cocok untuk Kompetensi Dasar perkembangan Islam di Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Sragen.

Kata kunci: metode tutor sebaya, keaktifan siswa, hasil belajar IPS.

×
Penulis Utama : Sriyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861402042
Tahun : 2017
Judul : Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ips melalui metode tutor sebaya siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Sra gen semester 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Sejarah-S861402042-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd. M.Hum.
2. Dr. Leo Agung S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.