Penulis Utama : Andini Herviastuti Suryaningtyas
NIM / NIP : G0014030
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Penyakit  Ginjal  Kronik  (PGK) merupakan  gangguan  fungsi ginjal tahap akhir yang memerlukan adanya terapi pengganti ginjal yang terdiri dari hemodialysis (HD) dan Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD). Untuk mengetahui efektivitas terapi HD dan CAPD dapat dilakukan dengan penilaian terhadap kualitas hidup (KH) pasien PGK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas hidup pasien PGK yang menjalani terapi HD dengan CAPD.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observational  analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada 108 responden dari anggota IKCC Surakarta yang terdiri dari 54 pasien PGK dengan terapi HD dan
54  pasien  PGK  dengan  terapi  CAPD.  Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan teknik purposive sampling. Variable bebas penelitan adalah terapi HD dan CAPD dengan variable terikat kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik yang diukur dengan kuesioner KDQOL-SFTM (Kidney Disease Quality of Life Short Form). Data   yang   terkumpul   dianalisis   secara   statistik   menggunakan   uji   t-test independent varian berbeda.

Hasil Penelitian: Pasien dengan terapi CAPD memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada pasien dengan terapi HD. Kualitas hidup pasien CAPD yang baik disebabkan oleh kemandirian terapi CAPD dan kondisi klinis yang baik pada pasien CAPD.

Simpulan Penelitian: Pasien dengan terapi CAPD memiliki kualitas hidup yang lebih baik daripada pasien dengan terapi HD.

 


Kata Kunci: PGK, HD, CAPD, KH.

 

×
Penulis Utama : Andini Herviastuti Suryaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014030
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Terapi Hemodialisis dengan CAPD
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratih Tri Kusuma Dewi, dr., Sp.PD.
2. Dian Nugroho, dr.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.