Penulis Utama : Dannisa Nurmiya
NIM / NIP : G0014063
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Masa remaja sangat erat kaitannya dengan perkembangan psikis dan seksual pada periode yang dikenal sebagai pubertas. Massa pubertas remaja putri ditandai dengan terjadinya menarche. Menarche dipengaruhi oleh banyak faktor,  salah  satunya  adalah  lemak  tubuh.  Remaja  putri  yang  mengalami menarche lebih dini akibat penumpukan massa lemak tubuh yang berlebihan mempunyai risiko gangguan kesehatan saat dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara massa lemak tubuh dengan pubertas remaja putri.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi cross secttional. Pengambilan sampel dilakukan di bulan Juni-Agustus tahun 2017, sampel penelitian ini adalah seluruh siswi kelas IV-VI SD N 1 Buran dan SD N 3 Buran serta seluruh siswi kelas VII-IX SMP N 1
Tasikmadu Kabupaten Karanganyar yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria
ekslusi. Pengambilan sampel dengan metode total sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner identitas pribadi siswi dan kuesioner status menarche, Bioelectrical Impedance Analysis (BIA), microtoise dan metline (pita ukur). Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov- Smirnov. Analisis statistik menggunakan uji Pearson pada SPSS 20 for Windows.

Hasil Penelitian: Dari 500 kuesioner, terdapat 73 siswi yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Sehingga sampel yang diteliti berjumlah 73 siswi. Rata-rata dan simpang baku usia menarche adalah 12,2±1 tahun atau 148±1,56 bulan. Rata- rata massa lemak tubuh dan lingkar pinggang adalah 25% dan 71,3 cm. Dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, hasil normalitas data usia menarche responden (dalam bulan) bernilai p=0,090 dengan interpretasi nilai p>0,05 sedangkan normalitas data massa lemak tubuh bernilai p= 0,014 dan normalitas data lingkar pinggang bernilai p= 0,000. Sedangkan hasil uji korelasi Pearson usia menarche dan massa lemak tubuh didapatkan hasil r = -0,688 dan p<0 xss=removed>0,557 dan p <0>

Simpulan: Terdapat hubungan antara massa lemak tubuh dengan pubertas remaja putri. Hubungan korelasi yang kuat untuk massa lemak tubuh dengan usia menarche serta korelasi yang sedang untuk lingkar pinggang dan usia menarche. Sedangkan arah korelasi negatif, berarti semakin tinggi nilai massa lemak tubuh dan lingkar pinggang, maka semakin dini usia menarche.


Kata Kunci :   Massa Lemak Tubuh, Lingkar Pinggang, Usia Menarche

 

×
Penulis Utama : Dannisa Nurmiya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014063
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Massa Lemak Tubuh dengan Pubertas Remaja Putri di Kelurahan Buran Tasikmadu Kabupaten Karanganyar.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014063-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., M.Gizi
2. Endang Listyaningsih S, dr., M. Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.