Penulis Utama : Dinda Ariesta
NIM / NIP : G0014071
×

ABSTRAK


Latar Belakang: Obesitas merupakan masalah kesehatan global yang mengalami peningkatan prevalensi dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, diperlukan metode skrining yang dapat menggambarkan adanya keadaan obesitas dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara RLPTB dan IMT dalam menentukan status obesitas serta mengetahui hubungan faktor risiko obesitas dengan RLPTB dan IMT pada anak SMP.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMP Warga Surakarta pada September 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Variabel terikat adalah obesitas, sedangkan variabel bebas adalah RLPTB dan IMT. Data diperoleh dari pengukuran tinggi badan menggunakan microtoise dan berat badan menggunakan timbangan berat badan digital serta pengukuran   lingkar   pinggang   menggunakan   metline.   Data   variabel   lain didapatkan dari kuesioner aktivitas fisik (YPAQ) dan kuesioner pola makan (SQ- FFQ). Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi statistik SPPS 23 dan dianalisis dengan uji Chi square dan uji regresi logistik biner.

Hasil Penelitian: Total responden sejumlah 247 orang dan 228 orang diantaranya memenuhi kriteria inklusi. Responden terdiri dari 143 laki-laki (62,7%) dan 85 perempuan (37,3%). Terdapat perbedaan antara RLPTB dan IMT/U dalam menentukan status obesitas pada anak SMP (p < 0> 0,05).

Kesimpulan: Terdapat perbedaan antara RLPTB dan IMT/U dalam menentukan status obesitas pada anak SMP. Tidak didapatkan hubungan antara RLPTB dan IMT/U dengan jenis kelamin, aktivitas fisik, dan pola makan.


Kata Kunci: rasio lingkar pinggang-tinggi badan, indeks massa tubuh, obesitas, anak SMP

 

×
Penulis Utama : Dinda Ariesta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014071
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Antara Rasio Lingkar Pinggang-Tinggi Badan (RLPTB) dan Indeks Massa Tubuh (IMT) dalam Menentukan Status Obesitas Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Annang Giri Moelyo, dr., Sp. A(K)., M. Kes.
2. Diah Lintang Kawuryan, dr., Sp.A., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.