Penulis Utama : Dwi Pratika Anjarwati
NIM / NIP : G0014077
×

ABSTRAK

Latar belakang: Menentukan taksiran berat janin (TBJ) merupakan komponen yang   penting   dalam   pelayanan   antenatal,   konseling,   diagnosis,   dan   cara persalinan. Keakuratan taksiran berat janin  merupakan parameter penting dalam memprediksi morbiditas dan mortalitas neonatus serta pedoman    untuk menentukan manajemen obstetri selanjutnya. Rumus Hadlock II merupakan salah satu rumus yang sering digunakan dalam penentuan taksiran berat janin menggunakan ultrasonografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan taksiran berat janin menggunakan rumus  Hadlock II di RSUD Dr Moewardi.

Metode penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr Moewardi pada Juni 2017. Subjek penelitian ini adalah data rekam medis dari ibu hamil yang mengalami partus di RSUD Dr Moewardi pada Agustus 2014 – Maret 2017. Metode pengumpulan data dengan mengutip data rekam medis pasien sesuai ketentuan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik regresi linier.

Hasil penelitian: Secara distribusi, jumlah sampel yang memenuhi standar yaitu
81,67 %. Dengan nilai R = 0,706 yang artinya bahwa hubungan kedua variabel penelitian  ada  dalam  kategori  kuat  dan  nilai  R  Square  =  0,499  yang  berarti taksiran berat janin menggunakan rumus Hadlock II memiliki pengaruh kontribusi sebesar 49,9% terhadap berat bayi lahir sedangkan 50,1 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Simpulan penelitian: Taksiran berat janin menggunakan rumus Hadlock II   di RSUD  Dr  Moewardi  kurang  akurat.  Perlu  dilakukan  pelatihan  ketrampilan operator sehingga diharapkan dapat meningkatkan keakuratan taksiran berat janin.

Kata kunci: taksiran berat janin, Hadlock II, berat bayi lahir

 

×
Penulis Utama : Dwi Pratika Anjarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014077
Tahun : 2017
Judul : Keakuratan Taksiran Berat Janin Menggunakan Rumus Hadlock Ii di Rsud Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudhistya Ngudi Insan K., dr., Sp.OG.
2. Drs. Widardo, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.