Penulis Utama : Rizka Andhazsari Santoso
NIM / NIP : G0014206
×

ABSTRAK

Latar belakang: Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari adalah keluhan nyeri kepala. Nyeri kepala ini dapat diakibatkan oleh banyak faktor. Salah satunya akibat paparan akut maupun kronis dari radiasi elektromagnetik. Seringnya dijumpai keluhan nyeri kepala dan tingginya  durasi  penggunaan  telepon  seluler  maupun  laptop  serta  belum  ada ulasan  mengenai  hubungan  keduanya  pada  mahasiswa  jurusan  informatika menjadi landasan bagi penulis untuk melakukan penelitian.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Jurusan Informatika Universitas Sebelas Maret (UNS), pada bulan  September 2017. Besar sampel berjumlah 113 mahasiswa Jurusan Informatika UNS angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017 yang dipilih melalui purposive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi  dan  eksklusi  yang  telah  ditetapkan.  Data  diperoleh  dari  pengisian kuesioner penggunaan telepon seluler dan laptop untuk menilai durasi penggunaannya dan kuesioner nyeri kepala untuk menilai berat nyeri kepala oleh responden.  Data  yang  didapat  diuji  menggunakan  analisis  korelasi  Product Moment Pearson (? = 0,05).

Hasil penelitian: Uji analisis korelasi Product Moment Pearson menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 dan nilai Pearson Correlation yang didapat adalah 0,51 (p
= 0,000, r = 0,51).

Simpulan penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara durasi radiasi elektromagnetik telepon seluler dan laptop dengan nyeri kepala (p=0,00) dengan kekuatan korelasi positif sedang (r=0,51).

Kata kunci: radiasi elektromagnetik, nyeri kepala, mahasiswa informatika.

 

×
Penulis Utama : Rizka Andhazsari Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014206
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Durasi Radiasi Elektromagnetik Telepon Seluler dan Laptop dengan Nyeri Kepala
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014206-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes.
2. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.