Penulis Utama : Shafa Zuhurlia Dharmasakya
NIM / NIP : G0014219
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Tuna rungu merupakan salah satu disabilitas yang dapat membatasi aktivitas sehari-hari dan menyebabkan gangguan mental seperti depresi. Penelitian sebelumnya yang meneliti tentang tuna rungu dan depresi belum mempertimbangkan jenis kelamin dan status pubertas siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kejadian depresi pada siswa penyandang tuna rungu berdasarkan jenis kelamin dan status pubertas di SLB-B YRTRW Surakarta.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada bulan Juni – Agustus 2017 di SLB-B YRTRW Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa SLB-B YRTRW Surakarta. Pengambilan sampel dilaksanakan secara total sampling dan mendapatkan sampel sejumlah 59 siswa. Para responden mengisi lembar identitas dan informed consent, dilanjutkan dengan pengisian CDI untuk menilai depresi. Data selanjutnya dianalisis secara statisik menggunakan uji Chi Square (X2) dan Koefisien Kontingensi (C).
Hasil: Dari hasil Uji Chi Square dan Koefisien Kontingensi penelitian didapatkan nilai p = 0,093 untuk kejadian depresi berdasarkan jenis kelamin pada siswa tuna rungu dan nilai C= 0,213. Sedangkan untuk kejadian depresi berdasarkan status pubertas didapatkan p=0,024 dengan nilai C=0,282.
Simpulan: Terdapat perbedaan bermakna pada kejadian depresi pada siswa tuna rungu berdasarkan status pubertas dan tidak terdapat perbedaan yang bermakna  pada kejadian depresi berdasarkan jenis kelamin. Kekuatan hubungan jenis kelamin dan status pubertas terhadap kejadian depresi sama lemahnya.

Kata Kunci:  anak, tuna rungu, depresi, pubertas, jenis kelamin

 

×
Penulis Utama : Shafa Zuhurlia Dharmasakya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014219
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Kejadian Depresi pada Siswa Penyandang Tuna Rungu Berdasarkan Jenis Kelamin dan Status Pubertas di SLB-B YRTRW Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014219-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rohmaningtyas HS, dr., Sp.KJ., M.Kes.
2. Debree Septiawan, dr., Sp.KJ., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.