Penulis Utama : Mutia Azmi Suswandari
NIM / NIP : G0014167
×

ABSTRAK

Latar belakang: Mahasiswi kedokteran cenderung memiliki gaya hidup yang penuh tekanan, kebiasaan makan yang tidak teratur dan jarang berolahraga. Akibatnya, mahasiswi kedokteran lebih berisiko untuk mengalami   gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi yang paling sering dialami oleh wanita dengan usia 15-19 tahun adalah sindroma premenstruasi. Di sisi lain, mahasiswa kedokteran memiliki kualitas tidur yang buruk jika dibandingkan dengan populasi umum. Hal ini disebabkan karena lamanya durasi dan tingginya intensitas untuk belajar, pekerjaan yang menantang secara emosional dan gaya hidup yang kurang teratur. Tingginya prevalensi sindroma premenstruasi dan buruknya kualitas tidur pada mahasiswi kedokteran serta belum adanya ulasan mengenai hubungan keduanya menjadi landasan bagi penulis untuk melakukan penelitian.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik   dengan   pendekatan   cross   sectional   yang   dilakukan   di   Fakultas Kedokteran  Universitas  Sebelas  Maret,  pada  April  sampai  Juni  2017.  Besar sampel  berjumlah  113  mahasiswi  Program  Studi  Pendidikan  Dokter  angkatan
2016 yang dipilih melalui simple random sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi  dan  eksklusi  yang  telah  ditetapkan.  Data  diperoleh  dari  pengisian kuesioner Shortened Premenstrual Assessment Form (SPAF) untuk menilai sindroma premenstruasi dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menilai kualitas tidur oleh responden. Data yang didapat diuji menggunakan analisis Chi- Square (X2) dan Koefisien Kontingensi (C) (? = 0,05).

Hasil penelitian: Uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai Asymp. Sig sebesar
0,001 dan nilai Koefisien Kontingensi yang didapat adalah 0,291 (p = 0,001, C =
0,291).

Simpulan penelitian: Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sindroma premenstruasi dan kualitas tidur yang bermakna secara statistik tetapi keeratan hubungan antara dua variabel tergolong lemah.

Kata kunci: sindroma premenstruasi, kualitas tidur, mahasiswi kedokteran.

 

×
Penulis Utama : Mutia Azmi Suswandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014167
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Sindroma Premenstruasi dan Kualitas Tidur pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prodi. Studi Kedokteran- G0014167-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andri Iryawan, dr., M.S., Sp.And.
2. Rosalia Sri Hidayati, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.