Penulis Utama : Sonia Aprilia Susanta
NIM / NIP : H0413044
×


ABSTRAK

 

Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) Berbasis Padi merupakan program lapang baru yang dikembangkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, sebagai bentuk dukungan dalam rangka swasembada hasil pertanian khususnya tanaman padi, jagung dan kedelai. Program ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya pembangunan dan pengembangan sub sistem hulu sampai dengan hilir berbasis kawasan dan inovasi teknologi padi. Program ini memiliki beberapa karakteristik inovasi, diantaranya keunggulan relatif, kesesuaian, kemampuan diuji cobakan, dan kemampuan diamati. Program ini termasuk dalam tahapan adopsi inovasi, yaitu kesadaran yang bertujuan untuk memperkenalkan beberapa inovasi yang meliputi 7 Varietas Unggul Baru (VUB) padi tahan terhadap kondisi minim ketersediaan air atau kekeringan (Inpago 5 dan 9; Inpari 10 dan Situ Patenggang, Situbagendit, Inpari 4 dan Inpari 19), sistem jajar legowo, pemanfaatan jerami untuk pakan ternak dan pupuk organik, serta peningkatan indeks penanaman. Berdasarkan tahapan adopsi inovasi  dan  karakteristik  inovasi  yang  dimiliki  oleh  program,  maka  perlu dilakukan penelitian mengenai sikap petani terhadap program tersebut untuk menduga keputusan akhir petani terhadap inovasi yang ditawarkan, apakah petani akan menerapkan atau tidak. Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan, mengkaji sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi di Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep; mengkaji faktor-faktor pembentuk sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi di Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep; menganalisis hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi di Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep.
Metode dasar yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Kecamatan Guluk- Guluk Kabupaten Sumenep. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling, sebanyak 43 petani padi yang mengikuti Program GLIP Berbasis Padi Periode Bulan Agustus-November. Penentuan jumlah responden dari masing-masing kelompok   tani   menggunakan   proportional   random   sampling.   Data   yang digunakan untuk analisis adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman (rs) untuk mengetahui hubungan faktor-faktor pembentuk sikap dengan sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi.
Hasil penelitian menunjukkan 81,4% petani responden memiliki sikap sangat setuju tehadap Program Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) Berbasis Padi.   Faktor-faktor   pembentuk   sikap   petani   di   Kecamatan   Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep yaitu pengalaman pribadi dalam kategori sangat tinggi, pendidikan non formal dalam kategori sangat tinggi, peran kebudayaan dalam

 

kategori tinggi, peran orang lain yang dianggap penting dalam kategori sedang, terpaan media massa dalam kategori rendah, dan peran penyuluh dalam kategori sangat tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman pribadi, pendidikan  non  formal,  peran  kebudayaan,  dan  peran  penyuluh  dengan  sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi. Artinya semakin tinggi pengalaman pribadi, pendidikan non formal, peran kebudayaan, dan peran penyuluh maka sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi. Peran orang lain yang dianggap penting dan terpaan media massa tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap petani terhadap Program GLIP Berbasis Padi. Artinya, tinggi  rendahnya  peran  orang  lain  yang  dianggap  penting  dan  terpaan  media massa tidak  memiliki  hubungan  dengan  sikap  petani  terhadap  Program  GLIP Berbasis Padi.

 

×
Penulis Utama : Sonia Aprilia Susanta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413044
Tahun : 2017
Judul : Sikap Petani terhadap Program Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) Berbasis Padi di Kecamatan Guluk- Guluk, Kabupaten Sumenep.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prodi. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0413044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Wibowo S.P, M.Si
2. Emi Widiyanti, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.