Penulis Utama : Enrico Alessandro
NIM / NIP : B0115022
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) struktur yang membangun novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W. berdasarkan teori fiksi Burhan Nurgiyantoro? (2) muatan konformitas Para Tokoh pada novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W.? (3) pemahaman analisis konformitas Para Tokoh pada konteks kehidupan sosial masyarakat sekarang ini?; Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar untuk memaparkan unsur pembangun novel yang saling terkait, kemudian menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk memaparkan muatan  konformitas  dan  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  terjadinya  konformitas Para Tokoh..
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) memaparkan struktural novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W. menurut teori fiksi Burhan Nurgiyantoro; (2) memaparkan muatan konformitas Tokoh pada novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W.; (3) mendeskripsikan pemahaman analisis konformitas Para Tokoh pada konteks kehidupan sosial masyarakat sekarang ini. Manfaat teoretis penelitian ini yaitu memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, manfaat praktis penelitian yaitu sebagai tuntunan dalam penelitian lanjutan.
Bentuk  penelitian  ini  yaitu  penelitian  sastra  bersifat  deskriptif  kualitatif. Sumber data berasal dari novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W. yang diterbitkan oleh Azzagrafika pada 2 Oktober 2017. Data penelitian ini berupa unsur- unsur intrinsik yang menunjukkan muatan konformitas dan aspek-aspek sosiologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi dengan model interaktif.
Hasil  analisis  dari  penelitian  ini  yaitu:  (1)  berdasarkan  analisis  struktural, unsur-unsur pada novel Sawise Langit Katon Biru karya Yunani S.W. menunjukkan keterikatan yang kuat dan saling mendukung dalam upaya penyampaian pesan dan moral pengarang; (2) dilihat dari aspek sosiologi sastra, novel Sawise Langit Katon Biru mengungkapkan  muatan konformitas para tokoh karena adanya tekanan  dari kelompok; (3) berdasarkan tinjauan pemahaman konformitas para tokoh pada konteks kehidupan sosial masyarakat sekarang ini, penelitian ini mengungkapkan bahwa pengarang mampu mewujudkan pengendalian sosial atas konformitas.Kata  kunci:  Novel  Sawise  Langit  Katon  Biru,  konformitas  para  tokoh,  Sosiologi Sastra.

×
Penulis Utama : Enrico Alessandro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115022
Tahun : 2019
Judul : Konformitas Para Tokoh pada Novel Sawise Langit Katon Biru Karya Yunani S. W. (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-B0115022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.