Penulis Utama : Fitria Nur Aini
NIM / NIP : C0113024
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana teks Srat Rasa Mulya yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan kerja filologis? (2) bagaimana ajaran moral yang ada pada Srat Rasa Mulya?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan teks Srat Rasa Mulya yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan kerja filologis (2) mengungkapkan ajaran moral yang ada pada Srat Rasa Mulya.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologi, yang objek kajiannya mendasarkan pada manuskrip (naskah tulisan tangan).Penelitian ini bersifat kualitatif   deskriptif.   Jenis   penelitian   yang   digunakan   adalah   penelitian perpustakaan atau library research. Sumber data pada penelitian ini yaitu naskah yang disimpan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta berjudul Srat Rasa Mulya. Data dalam penelitian ini yaitu naskah dan teks Srat Rasa Mulya.
Teknik pengumpulan data dimulai dari pencarian naskah milik pribadi atau milik instansi. Kemudian dilanjutkan teknik studi pustaka dengan menelusuri dari berbagai katalog agar diketahui naskah tunggal atau jamak. Kemudian dilanjutkan mengumpulkan data dengan teknik transliterasi dan dilanjutkan dengan kritik teks.
Teknik analisis data dilakukan melalui deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks dan aparat kritik, serta ringkasan isi. Suntingan teks menggunakan metode  edisi  standar.  Analisis  isi  naskah  menggunakan   analisis  kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data dalam naskah Srat Rasa Mulya koleksi Museum  Sonobudoyo  Yogyakarta,  ditemukan  varian-varianyaitu  123  varian lakuna akibat kekurangan metrum têmbang, 96 varian adisi akibat kelebihan metrum têmbang, 21 varian lakuna, 16 varian hiperkorek, 4 kesalahan penulis, 1 dittografi. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan teks Srat Rasa Mulya yang bersih dari kesalahan.Srat Rasa Mulya berisi tentang ajaran moral yang meliputi: beryukur, berusaha dan berdoa, pantang menyerah, menepati janji, sifat manusia,
sabar, suka menolong, dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa

×
Penulis Utama : Fitria Nur Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113024
Tahun : 2017
Judul : Srat Rasa Mulya (suatu tinjauan filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-C0113024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum
2. Drs. Waridi Hendrosaputro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.