Penulis Utama : Novella Nindya Padma
NIM / NIP : H0813126
×

ABSTRAK

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang kian digemari masyarakat karena sifatnya yang praktis, mudah diolah, harganya terjangkau, dan rasanya yang enak. Semakin tingginya angka konsumsi mie instan di Indonesia mengakibatkan semakin banyaknya produsen makanan yang memproduksi mie instan dengan berbagai varian rasa. Salah satu merek yang sampai saat ini masih berjaya di puncak pangsa pasar mie instan adalah merek Indomie. Ekuitas merek Indomie yang kuat akan memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan karena ekuitas merek yang kuat dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keempat dimensi ekuitas merek yaitu, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu Kota Surakarta karena Kota Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan di lima Supermarket di Kota Surakarta. Metode penentuan responen yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: ketiga dimensi ekuitas merek yaitu asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie di Kota Surakarta. Sedangkan variabel kesadaran merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie di Kota Surakarta. Variabel ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie di Kota Surakarta. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie di Kota Surakarta adalah variabel loyalitas merek dengan nilai koefisien beta tertinggi.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah produsen perlu meningkatkan kesan-kesan positif dari merek Indomie dengan menampilkan bintang iklan yang memiliki kesan dan reputasi yang baik serta menjadi spronsor dalam acara-acara tertentu. Produsen juga perlu melakukan inovasi produk sebagai langkah meningkatkan kualitas produk dengan melakukan perbaharuan-perbaharuan tertentu untuk memenuhi tuntutan konsumen. Selain itu, produsen juga perlu menjaga dan meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan promo-promo menarik bagi konsumen.

 

×
Penulis Utama : Novella Nindya Padma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813126
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Indomie di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H0813126-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.
2. Setyowati, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.