Penulis Utama : Nanda Shanas Dini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0315040
Tahun : 2019
Judul : The force and focus of the attitude of indonesian english-online newspaper editorial: an appraisal study
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Inggris-B0315040 -2019
Subyek : APPRAISAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan analisis penggunaan sistem GRADUATION oleh penulis editorial dari koran berbahasa Inggris yang diterbitkan secara daring di Indonesia oleh Jakarta Post, Jakarta Globe, dan Tempo yang membahas pemilu presiden 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menemukan pola penggunaan GRADUATION di ketiga koran tersebut, (2) mengetahui cara penulis menaikan dan menurunkan derajat sikap penilaian atau menguatkan dan melemahkan ketepatan penilaian di ketiga koran tersebut, (3) menganalisis pengaruh penggunaan GRADUATION pada gaya penulisan amplifikasi dan vague language.
Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif-deskriptif dan pendekatan teori appraisal dengan mengaplikasikan metode analisis Spradley untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Metode analisis ini terdiri dari analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Sumber data penelitian ini adalah enam teks editorial dengan rincian dua teks editorial per koran. Data diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut: (1) teks diambil dari koran berbahasa Inggris yang diterbitkan secara daring di Indonesia, (2) topik teks berkaitan dengan pemilu presiden 2019, (3) teks diambil dari kolom opini atau bagian editorial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penulis menggunakan modifikasi kata sifat, kata kerja, dan modalitas untuk menunjukkan intensifikasi derajat sikap penilaian dan modifikasi jumlah dan extent dalam kuantifikasi derajat penilaian yang diatur di bawah subsistem FORCE, selain itu penulis juga lebih sering melemahkan makna semantis suatu kata daripada menguatkan makna semantis tersebut yang diatur di bawah subsistem FOCUS, (2) penulis mengaplikasikan infuse, isolasi, metafor, repetisi, morfologi comparative dan superlative, dan maksimalisasi dalam mengukur derajat sikap penilaian, (3) penulis menyajikan teks mereka dengan menggunakan gaya bahasa amplifikasi daripada hedging menekankan poin-poin yang penting, dan (4) ideologi penulis mempengaruhi bagaimana cara penulis mengukur derajat sikap penilaian secara langsung maupun tidak langsung.  
Kata kunci: appraisal, graduation, pemilu presiden 2019, editorial

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya