Penulis Utama : Azkia Farah Iffana
NIM / NIP : D0213020
×

ABSTRAK

Budaya merupakan hal penting dalam kehidupan manusia karena menjadi salah satu identitas diri. Setiap budaya memiliki nilai yang sama namun berbeda-beda norma. Sebuah budaya harus dilestarikan karena budaya merupakan warisan nenek moyang. Budaya merujuk pada suatu yang diwariskan pada masa lalu dan msih berfungsi pada masa kini. Salah satu unsur budaya yang terus dilestarikan yaitu tradisi. Contoh tradisi yang kental dan masih terus dilestarikan adalah tradisi Sadranan. Tradisi sadranan Di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali masih lestari hingga saat ini. Bahkan seiring berjalannya waktu pelaksanaan tradisi Sadranan semakin meriah. Tradisi Sadranan memiliki kedudukan yang penting di mata masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang digunakan masyarakat Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali dalam melestarikan tradisi sadranan.
Penelitian ini mengacu pada teori Interaksi simbolik. Teori ini digunakan untuk melihat proses komunikasi masyarakat pelestarian tradisi Sadranan.
Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik sampling diambil dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pola komunikasi yang digunakan msayarakat Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali adalah pola komunikasi semua saluran. Semua masyarakat dapat bergantian dalam mengirim dan menerima pesan tanpa ada batas peraturan tertentu. Tradisi sadranan menjadi salah satu bentuk eksistensi diri bagi masyarakat dalam kegiatan sosial budaya. Adanya partisipasi dari seluruh masyarakat berpengaruh terhadap lestarinya tradisi Sadranan. Penyampaian pesan atau nasiat dari orang tua kepada generasi selanjutnya tentang pentingnya dan manfaat tradisi Sadranan juga menjadi salah satu usaha dalam pelestariannya.

Kata kunci: tradisi Sadranan, pola komunikasi, teori interaksi simbolik

 

×
Penulis Utama : Azkia Farah Iffana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213020
Tahun : 2017
Judul : Pola komunikasi tradisi Sadranan (Pola komunikasi masyarakat Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali dalam melestarikan Tradisi Sadranan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Tiyanto, S.U
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.