Penulis Utama : Candra Mega Sari
NIM / NIP : D0213024
×

ABSTRAK

Media sosial  merupakan  bentuk  kemajuan  teknologi  yang memberikan peluang bagi pengguna untuk aktif berbagi. Fenomena berbagi di media sosial, mendukung adanya aktivitas news sharing pada Facebook dan LINE. Penelitian ini  dilakukan  untuk  mengetahui  keberlakuan  model  minat  melakukan  news sharing di Facebook dan LINE yang dibangun dengan melibatkan faktor motif information seeking, socializing, entertainment, status seeking, disclosure, social influence dan prior social media sharing experience. Teori Uses and Gratification berpotensi memprediksi motif individu menggunakan media sosial untuk berbagi berita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dapat menjelaskan hubungan faktor-faktor yang diteliti secara simultan. Penelitian dilakukan  pada  mahasiswa  UNS.  Jumlah  sampel  ditentukan  dengan  rumus Yamane dan diperoleh sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik multistage sampling dengan kriteria pernah melakukan news sharing di Facebook atau LINE dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  ada  kesamaan  model  konseptual yang dibangun dengan model minat melakukan news sharing di Facebook dan LINE.  Nilai  RMSEA  pada  Facebook  sebesar  0,028  dan  P-Value  0,25642. Variabel yang memiliki kontribusi terbesar terhadap minat news sharing di Facebook yaitu social influence (0,54), disclosure (0,45) dan information seeking (0,25). Sedangkan pada media sosial LINE dipisahkan berdasarkan jenis kelamin karena terdapat perbedaan pola penggunaan media antara perempuan dan laki-laki dalam berbagi berita. Pada model perempuan menunjukkan nilai RMSEA sebesar 0,034 dan P-Value 0,29777 dengan kontribusi terbesar pada motif disclosure (0,46), social influence (0,38) dan status seeking (0,36). Sementara pada laki-laki memiliki  nilai  RMSEA  sebesar  0,072  dan  P-Value  0,07343.  Motif  social influence (1,69), disclosure (1,57) dan information seeking (1,49) memiliki kontribusi yang relatif lebih besar dari variabel yang lain pada model ini. Variabel prior social media sharing experience pada penelitian ini belum dapat meningkatkan minat melakukan news sharing di Facebook dan LINE.


Kata  Kunci:  berbagi  berita,  media  sosial,  uses  and  gratification,  Structural Equation Modeling.

 

×
Penulis Utama : Candra Mega Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213024
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh faktor-faktor motif terhadap minat melakukan news sharing di media sosial (Analisis structural equation modeling pengaruh faktor-faktor motif terhadap minat melakukan news sharing di Facebook dan LINE pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0213024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S,Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.