Penulis Utama : Emillya Sari
NIM / NIP : G0012070
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Stroke merupakan penyakit penyebab utama kematian di Indonesia. Stroke iskemik trombosis disebabkan karena adanya pembentukan trombus pada plak aterosklerosis yang ruptur di pembuluh darah otak. Pembentukan trombus dipicu oleh banyak hal salah satunya faktor koagulasi vWF dan FVIII yang kadarnya dalam serum berikatan erat dengan golongan darah sistem A-B-O. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara golongan darah sistem A-B-O dengan kejadian stroke iskemik trombosis.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien berusia 40-80 yang didiagnosis stroke iskemik trombosis. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan di Poliklinik Saraf Wijaya Kusuma dan Bagian Patologi Klinik RSUD Dr. Moewardi di Surakarta. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah golongan darah sistem A- B-O dan variabel terikatnya adalah kejadian stroke iskemik trombosis. Data disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square.
Hasil: Dari 60 sampel penelitian, didapatkan 26 sampel memiliki golongan darah O, 20 sampel bergolongan darah B, dan 7 sampel untuk masing-masing golongan darah A dan golongan darah AB. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Chi- square, didapatkan p = 0,071 (p < 0>Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara golongan darah sistem A-B-O dengan kejadian stroke iskemik trombosis.

Kata Kunci: stroke iskemik trombosis, golongan darah sistem A-B-O

 

×
Penulis Utama : Emillya Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012070
Tahun : 2017
Judul : Hubungan antara golongan darah sistem A-B-O dengan kejadian stroke iskemik trombosis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Ilmu Kedokteran-G0012070-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Subandi, dr., Sp.S, FINS
2. Dr. Diffah Hanim, Dra., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.