Penulis Utama : Maulidina Kurniawati
NIM / NIP : G0010122
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Pengetahuan seksualitas dan kesehatan reproduksi yang komprehensif adalah suatu hal yang penting untuk dimiliki oleh kaum remaja dan dewasa muda lajang Indonesia. Akan tetapi, terdapat anggapan masyarakat umum bahwa semakin tinggi pengetahuan remaja dan dewasa muda lajang mengenai seksualitas dan kesehatan reproduksi yang komprehensif justru akan memfasilitasi dan mendorong kaum remaja dan dewasa muda lajang untuk melakukan perilaku berisiko seperti hubungan seksual pranikah dan berganti-ganti pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan seksualitas dan kesehatan reproduksi dengan aktivitas seksual pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret yang diambil dengan cara convenience sampling sebanyak 97 orang dengan memperhatikan proporsi perprogram studi. Data diperoleh dari kuesioner dan dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dan uji Mann-Whitney (? = 0,05) untuk melihat perbedaan pada analisis stratifikasi serta uji Spearman (? = 0,05) untuk analisis korelasi.
Hasil: Skor pengetahuan seksualitas dan kesehatan reproduksi didapat median 71 (24-100) dan tingkat aktivitas seksual didapat median 2 (0-10). Terdapat tujuh responden yang pernah melakukan oral sex dan dua diantaranya pernah bersenggama. Didapat perbedaan yang bermakna pada skor aktivitas seksual pada kelompok jenis kelamin laki-laki dengan perempuan (p < 0 xss=removed xss=removed> 0,05).
Simpulan: Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara pengetahuan seksualitas dan kesehatan reproduksi dengan aktivitas seksual pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Penelitian selanjutnya perlu dilakukan dengan desain dan instrumen penelitian yang lebih baik serta mempertimbangkan faktor lain yang mungkin turut mempengaruhi.

Kata Kunci: pengetahuan, seksualitas, kesehatan reproduksi, aktivitas seksual pranikah, mahasiswa

 

×
Penulis Utama : Maulidina Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0010122
Tahun : 2017
Judul : Hubungan pengetahuan seksualitas dan kesehatan reproduksi dengan tingkat aktivitas seksual pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Ilmu Kedokteran-G0010122-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono, M.Si,
2. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., M.Gizi,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.