Penulis Utama : Ana Sholihah Nugraheni
NIM / NIP : D1516010
×

Tujuan Pengamatan yang dilakukan oleh penulis di Kantor  Pengawasan  dan Pelayanan Bea dan Cukai adalah untuk mengetahui sistem informasi yang digunakan dalam  pengajuan perizinan Nomor Pokok Barang Kena Cukai untuk Produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (Vape)   melalui Online Single Submission (OSS). Pengajuan Perizinan tersebut tentunya akan lebih efisien dan efektif apabila dilakukan menggunakan sistem aplikasi dan dapat diakses mandiri oleh pengguna jasa yang akan mengggunakannya. Penggunaan sistem informasi lebih   efisien   karena   dapat   mempercepat   penyampaian   informasi   dengan jangkauan yang luas dan transparansi.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini  yaitu dengan pengamatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dilakukan dengan menggunakan metode wawacara, observasi berperan aktif, mengkaji dokumen dan arsip dan perekaman. Proses yang dilakukan penulis dalam pengamatan meliputi mengamati sistem yang digunakan dalam Perizinan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC),  mendengarkan  arahan  mengenai  langkah-langkah  pengajuan NPPBKC,  mengetahui perizinan NPPBKC  dan  berpartisipasi  langsung  dalam penginputan data untuk perizinan NPPBKC dalam proses yang sebenarnya.

Hasil dari pengamatan yang dilakukan penulis dalam mendeskripsikan Sistem Informasi pengajuan perizinan Nomor Pokok Barang Kena Cukai untuk Produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (Vape) melalui Online Single Submission (OSS) didapatkan hasil bahwa OSS digunakan oleh pengguna jasa untuk memudahkan proses pelayanan permohonan perizinan NPPBKC, karena penggunaan  aplikasi  ini  sangat  mudah  dan  dapat  diakses  mandiri  melalui website OSS oleh pelaku usaha. Pendekatan yang dilakukan oleh penulis untuk mendeskripsikan sistem tersebut menggunakan komponen sistem informasi. Komponen sistem informasi yang terdapat pada sistem OSS yakni komponen: 1) Sumber Daya Manusia, 2) Sumber Daya Perangkat Keras, 3) Sumber Daya Perangkat Lunak, 4) Sumber Daya Data, dan 5) Sumber Daya Jaringan yang saling berkaitan guna menunjang keberlangsungan sistem tersebut.

×
Penulis Utama : Ana Sholihah Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516010
Tahun : 2019
Judul : Sistem Informasi Pengajuan Perizinan Nomor Pokok Barang Kena Cukai (NPPBKC) untuk Produk Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (Vape) melalui Online Single Submission (OSS) di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-Dl516010-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB, M.Ed, M.SI.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.