Penulis Utama : Darini Wijayanti
NIM / NIP : C0912002
×

ABSTRAK

Latar belakang perancangan adalah Teknik Ikat celup kebanyakan dipakai sebagai kelengkapan pakaian tradisional, seperti: selendang, dodot, kain panjang, ikat  kepala,  dan  lain  sebagainya.  Tetapi  melihat  perkembangan  ikat  celup sekarang ini, pemakaianya tidak terbatas pada pakaian tradisional saja. dari berbagai macam teknik ikat celup muncul beragam produk fashion seperti busana wanita, busana pria, pelengkap busana, jilbab, accecoris, dan lain-lain.

Berdasarkan study pasaran saat ini kain ikat celup sudah di kembangkan dengan beberapa teknik ikat celup seperti tritik, jumput, sasirangan dan lain sebagainya. Berdasarkan pengamatan kain ikat celup dengan teknik tritik banyak diminati masyarakat karena motif yang dihasilkan dari teknik tritik lebih predictable selain itu kain ikat celup dengan teknik tritik   masih bisa di kembangkan karena motif ikat celup dengan teknik tritik lebih bisa diprediksi sehingga baik dari segi motifnya maupun tekniknya kain ikat celup dengan teknik tritik masih bisa dikembangkan.

Proses perwujudan karya disesuaikan dengan beberapa aspek perancangan yaitu  aspek  fungsi,  aspek  estetis, aspek  bahan,  dan  aspek  proses  produksi.Keempat aspek tersebut harus saling berhubungan satu sama lain sehingga karya yang dihasilkan dapat sesuai. Selain itu dalam proses visualisasi desain ini melalui beberapa tahapan yaitu pemolaan (pattern), ikat celup, pemotongan bahan (cutting), menjahit (sewing), finishing. Dalam mewujudkan suatu produk karya ini melalui berbagai pemikiran dan pertimbangan dari setiap tahapannya sehingga produk yang dihasilkan dapat terkonsep dengan baik.

Kata kunci : Surface design, Ikat Celup, t

×
Penulis Utama : Darini Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0912002
Tahun : 2017
Judul : Perancangan Tekstil Ikat Celup dengan Teknik Tritik untuk Tekstil Busana
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Kriya Tekstil-C0912002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.