Penulis Utama : Eko Budi Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515026
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kualitas Repair Welding Metode Mig dengan Perlakuan Preheating dan Variasi Arus Pengelasan pada Cast Wheel Aluminium
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Teknik Mesin-H0813163-2020
Subyek : REPAIR WELDING, LAS MIG, PREHEATING, VARIASI ARUS, CAST WHEEL ALUMINIUM.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi komposisi kimia pada cast wheel Aluminium; (2) untuk mengidentifikasi bentuk struktur mikro pada pengelasan metode MIG dengan perlakuan preheating dan variasi arus pengelasan; (3) untuk memperoleh nilai kekerasan sebelum dan sesudah dilakukan pengelasan metode MIG dengan perlakuan preheating dan variasi arus pengelasan; (4) untuk memperoleh nilai ketangguhan impak sebelum dan sesudah dilakukan pengelasan metode MIG dengan perlakuan preheating dan variasi arus pengelasan.

Penelitian dilakukan dengan mengambil spesimen dari cast wheel sesuai dengan standart penelitian yang digunakan, kemudian dilakukan pengelasan metode MIG menggunakan elektroda ER4043 dengan perlakuan preheating dan variasi arus 90 A, 100 A, dan 110 A. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Penganalisisan data meliputi pengujian komposisi kimia, struktur mikro, nilai kekerasan dan nilai ketangguhan impak.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Komposisi kimia penyusun cast wheel adalah paduan Aluminium (Al) 91,74%, Silikon (Si) 7,62?n 0,64% unsur lainnya. Cast wheel ini merupakan jenis Aluminium seri AA4343; (2) Struktur mikro pada cast wheel Aluminium terlihat bahwa variasi arus pengelasan akan mempengaruhi ukuran butiran Aluminium dan silikon; (3) Nilai kekerasan pada spesimen raw material sebesar 96 HV sedangkan nilai kekerasan tertinggi daerah las ada pada arus pengelasan 100 A yaitu 60.2 HV, sementara nilai kekerasan terendah adalah pada arus pengelasan 90 A yaitu 52.0 HV; (4) Nilai ketangguhan impak pada spesimen raw material sebesar 0,45 J/mm2. Nilai ketangguhan impak terendah dengan arus 100 Ampere sebesar 0,46 J/mm2 dan nilai ketangguhan impak tertinggi dengan arus 110 Ampere sebesar 0,52 J/mm2.

Kata kunci: Repair Welding, Las MIG, Preheating, Variasi Arus, Cast Wheel Aluminium.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, ST., M.Eng.,
2. Dr. Suharno, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP