Penulis Utama : Wiwik Susanti
NIM / NIP : S581308009
×

ABSTRAK

Pendahuluan  :  Basic  Fibroblast  Growth  Factor  (b-FGF)  adalah  salah  satu anggota keluarga Fibroblast Growth Factor (FGF) yang merupakan faktor angiogenik yang juga dapat membentuk kompleks dengan heparin. Potensi angiogenenik dari b-FGF dimanfaatkan sebagai terapi penyakit jantung, penyakit saraf, penyakit gigi, penyakit mata, kanker dan obstetri-ginekologi. Wharton Jelly (WJ) dan plasenta merupakan jaringan ekstra embrionik yang memiliki ekspresi b-FGF. Wharton Jelly dan plasenta sebagai sumber alternatif angiogenesis yang sangat menarik karena diperoleh tanpa prosedur invasif dan tersedia di seluruh dunia, sehingga memungkinkan untuk dilakukan penelitian di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis perbedaan kadar b- FGF pada WJ dan plasenta bayi baru lahir.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik laboratorium cross sectional, terdiri dari 17 sampel dari bayi baru lahir sesuai kriteria retriksi. Plasenta diambil 20 cc dan tali pusat 10 cm2, kemudian dilakukan ektraksi supaya dapat dihitung kadar b-FGF    dengan metode ELISA. Analisis statistik menggunakan uji t.

Hasil: Nilai rerata kadar b-FGF pada WJ sebesar 284,94±31,92 pg/ml dan rerata kadar  b-FGF pada plasenta sebesar 188,83±22,8 pg/ml. Hasil uji t menunjukkan nilai p (sig.) < 0>

Kesimpulan: Kadar basic Fibroblast Growth Factor   pada Wharton Jelly lebih tinggi jika dibandingkan dengan plasenta  pada bayi baru lahir.


Kata Kunci: basic Fibroblast Growth Factor, Wharton Jelly, plasenta.

 

×
Penulis Utama : Wiwik Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S581308009
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan kadar basic fibroblast growth factor (b-FGF) pada wharton jelly dan plasenta pada bayi baru lahir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Obstetri Ginekologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pasacasarjana-Prog. Magister Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi- S581308009-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Abdurahman Laqif,dr.,SpOG(K)
2. Dr. Sri Sulistyowati, dr., SpOG(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.