Penulis Utama : Alan Firdaus
NIM / NIP : K2514008
×

Abstrak
Tujuan penelitian  ini untuk mendapatkan : model performa kondensor pada proses pirolisis dengan laju perpindahan panas paling tinggi menggunakan metode komputasi dinamika fluida.
Penelitian ini menggunakan metode komputasi numerik. Proses dilakukan melalui pendekatan pemrograman  komputer dengan memasukkan kondisi awal dan kondisi batas. Penelitian dilakukan dengan simulasi pemrograman komputer menggunakan metode komputasi dinamika fluida dengan bantuan software Ansys. Memasukkan kondisi awal berupa model dan  material  kondensor serta suhu dan  laju aliran fluida di dalam kondensor untuk didapatkan hasil berupa suhu keluar kondensor. Pengujian simulasi numeric dengan Ansys dilakukan dengan menggunakan beberapa variasi, antara lain model pipa dan arah aliran fluida.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Komputasi performa kondensor dengan variasi model kondensor menggunakan pipa konsentris dan pipa spiral berpengaruh terhadap laju perpindahan panas asap cair yang dihasilkan pada proses pirolisis. Laju perpindahan panas yang dihasilkan oleh model kondensor pipa spiral lebih baik daripada yang dihasilkan model kondensor pipa konsentris dengan nilailajuperpindahanpanas sebesar 53.606 W, 88.585W, dan124.528 W pada kondisi arah alirah fluida berlawanan arah dan sebesar 22.456W, 37.076W, dan51.404W pada kondisi alirah fluida searah; 2) Komputasi performa kondensor dengan variasi arah aliran fluida berlawanan arah dan searah berpengaruh terhadap laju perpindahan panas asap cair yang dihasilkan pada proses pirolisis. Laju perpindahan panas yang dihasilkan oleh model kondensor dengan arah aliran fluida berlawanan arah lebih baik daripada yang dihasilkan model kondensor dengan arah aliran fluida searah dimana nilailajuperpindahanpanas yang dihasilkan sebesar 43.356W, 45.98 W, dan91.33 W pada model kondensor konsentris dan sebesar 53.606 W, 88.585 W, dan124.528 W pada model kondensor spiral; 3) Model kondensor pipa spiral dengan arah aliran fluida berlawanan arah dapat menghasilkan nilai lajuperpindahanpanas paling tinggi sebesar 53.606 W, 88.585 W, dan124.528 W, maka model kondensor pipa spiral dengan arah aliran fluida berlawanan arah memiliki peforma paling baik dalam mengkondensasi asap cair pada proses pirolisis.

Kata kunci :Pirolisis,kondensor, komputasidinamikafluida, Ansys

 

×
Penulis Utama : Alan Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514008
Tahun : 2019
Judul : Pemodelan performa kondensorpirolisis terhadap laju perpindahan panas dengan metode komputasi dinamika fluida
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pend. Teknik Mesin-K2514008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T.
2. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.