Penulis Utama : Peggy Yulia Andani
NIM / NIP : H0815096
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, keuntungan, profitabilitas, efisiensi, dan risiko usaha pada industri kerupuk rambak kulit sapi di Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.

Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Magetan. Penentuan daerah sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling), yaitu Kecamatan Ngariboyo. Data yang digunakan  adalah  data  pimer dan  sekunder.  Teknik  pengumpulan  data  dilakukan dengan  wawancara  dan  pencatatan.  Analisis  data  yang  digunakan  yaitu  dengan analisis biaya, penerimaan, keuntungan, profitabilitas, efisiensi, dan analisis risiko usaha.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya total rata-rata yang dikeluarkan oleh produsen kerupuk rambak kulit sapi di Kabupaten Magetan selama satu bulan sebesar Rp 6.827.163,-. Penerimaan rata-rata yang diperoleh setiap produsen adalah Rp 8.198.750,-  per  bulan  dan  keuntungan  rata-rata  yang  diperoleh  sebesar  Rp 1.371.587,- per bulan. Sedangkan profitabilitas usaha adalah sebesar 20,1%, yang berarti usaha ini menguntungkan karena nilai profitabilitas lebih dari 0. Industri kerupuk rambak kulit sapi mempunyai nilai efisiensi lebih dari satu yaitu sebesar 1,20 yang  berarti  efisien.  Industri  kerupuk  rambak  kulit  sapi  memiliki  nilai  koefisien variasi (CV) kurang dari 0,5 yaitu sebesar 0,17 dan nilai batas bawah keuntungan (L) sebesar Rp 888.705,- sehingga industri ini terhindar oleh risiko dengan kemungkinan keuntungan sebesar Rp 888.705,- per bulan.

Adapun saran untuk pengusaha yaitu sebaiknya para pengusaha memperluas pasar ke daerah lain agar penjualan produk bisa meningkat sehingga keuntungan juga meningkat. Sebaiknya para pengusaha memanfaatkan peran koperasi untuk meningkatkan produksinya sehingga akan memingkatkan keuntungan. Sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan maupun  dinas-dinas  lain  yang  terkait  hendaknya  berupaya  membantu mengembangkan usaha kerupuk rambak kulit sapi dengan memberikan berbagai inovasi terhadap produk kerupuk rambak kulit sapi agar dapat bersaing di pasaran, sebaiknya Pemerintah Kabupaten Magetan mengadakan pameran daerah dan memfasilitasi pameran di luar daerah tentang hasil produksi olahan pangan industri rumah tangga untuk mempromosikan produk olahan pangan pengusaha terutama kerupuk rambak kulit sapi.

 

×
Penulis Utama : Peggy Yulia Andani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815096
Tahun : 2019
Judul : Analisis Usaha Industri Kerupuk Rambak Kulit Sapi Skala Rumah Tangga di Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0815096-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.