Penulis Utama : Fardha Aini Ikhtiana
NIM / NIP : K7116057
×

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pada pembelajaran IPA peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem II tahun ajaran 2019/2020. Tujuan ini penting dalam menghadapi kehidupan yang bertolak pada kebutuhan pendidikan abad 21. Permasalahan yang dihadapi pada abad 21 mengarah terhadap kemajaun IPTEK dalam persaingan dunia. Permasalahan ini membutuhkan kemampuan berpikir kritis.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Penelitian ini merekomendasikan penelitan lainnya tentang kemampuan berpikir kritis. Guru dan peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem II yang berjumlah 39 peserta didik menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berdasarkan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dengan triangulasi teknik dan sumber.

Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan teori belajar konstruktivisme pada model pembelajaran IPA belum diterapkan oleh guru, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kendala. Indikator yang muncul adalah merumuskan masalah, memberikan argumen, dan mengatur prosedur dan teknik. Indikator membuat premis dan menarik kesimpulan belum terpenuhi. Penelitian ini diharapkan menambah wawasan ilmu bagi guru, sekolah, dan peneliti lain dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan teori konstruktivisme pada model pembelajaran IPA sehingga dapat mengaplikasikannya dengan baik.

 

×
Penulis Utama : Fardha Aini Ikhtiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116057
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Teori Konstruktivisme pada Model Pembelajaran IPA (Penelitian Kualitatif di Kelas V SD Negeri Karangasem II Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116057-2020
Kata Kunci : Konstruktivisme, IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.