Penulis Utama : Monika Lintang Laksmi
NIM / NIP : K4315037
×

Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui penerapan pembelajaran model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan scientific explanation dalam pembelajaran biologi materi lingkungan siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang meliputi 5 tahap pembelajaran. Tahapan PBL terdiri dari meeting the problem, problem analysis and learning issues, discovery and reporting, solution presentation and reflection, dan overview, integration, and evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang memuat komponen scientific explanation yang mengacu pada Mcneill, Lizotte, Krajcik dan Marx, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas meliputi dua siklus dengan tiap siklus memiliki tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Surakarta yang terdiri dari 34 siswa. Data penelitian meliputi hasil tes scientific explanation, keterlaksanaan sintaks PBL, dan dokumentasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis untuk mengukur kemampuan scientific explanation siswa dan teknik non-tes yaitu dengan metode observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan presentase skor ketiga komponen scientific explanation mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 2, berturut-turut sebagai berikut: komponen claim sebesar 61?ri 35% hingga 96%, komponen evidence sebesar 53?ri 20% hingga 73%, dan komponen reasoning sebesar 51?ri 17% hingga 68%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Surakarta.
Kata Kunci : scientific explanation, problem based learning, penelitian tindakan kelas, biologi, lingkungan

 

×
Penulis Utama : Monika Lintang Laksmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315037
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation pada materi lingkungan siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pend. Biologi-K4315037-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc.
2. Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.