Penulis Utama : Wahyu Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515069
Tahun : 2020
Judul : Studi Eksperimental Performansi Turbin Angin Savonius di Daerah Pesisir Pantai Kabupaten Demak Terhadap Energi Listrik yang Dihasilkan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Teknik Mesin-K2515069-2020
Subyek : ENERGI ANGIN; SAVONIUS VAWT; KECEPATAN ANGIN; DEMAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Energi dari bahan bakar fosil yang terdiri dari minyak bumi, batu bara, gas alam yang berperan sebagai bahan baku untuk pemenuhan energi di Indonesia masih sangat sentral sedangkan pemanfaatan bahan baku dari energi baru terbarukan masih sangat rendah. Di Indonesia potensi energi baru terbarukan seperti energi angin perlu dioptimalkan. Pemanfaatan energi angin, salah satunya melalui turbin angin Savonius sebagai pembangkit listrik. Karakteristik dari turbin angin Savonius dengan rotor turbin sumbu vertikal yang memiliki bentuk sederhana, dan mampu beroperasi pada kecepatan rendah. Hal ini sesuai dengan daerah di Indonesia yang memiliki kecepatan angin rata-rata rendah.
Penelitian eksperimen ini, bertujuan untuk mengetahui deskripsi potensi angin dan untuk mengetahui performansi turbin angin Savonius yang ada di pesisir pantai Kabupaten Demak terhadap energi listrik yang dihasilkan. Turbin angin Savonius yang digunakan terbuat dari bahan galvalum berupa rotor tipe S dengan diameter rotor 1,1 m dan tinggi rotor 1,4 m, menggunakan sistem transmisi pulley dengan rasio multiplikasi 1:6 dan menggunakan generator tipe PMG 200 W. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan data berupa kecepatan angin, kelembaban, temperatur, kecepatan putaran rotor, tegangan dan arus listrik dilakukan pada pukul 14.30 s.d 17.30 WIB. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi angin di pesisir pantai Kabupaten Demak memiliki kecepatan angin rata-rata sebesar 2,02 m/s dengan temperatur 31,34 oC dan  kelembaban 76,96. Performansi turbin angin yang terpasang menghasilkan daya tertinggi sebesar 3,5 W dengan koefisien daya listrik sebesar 0,181 dan tip speed ratio 1,75. Dari hasil tersebut, potensi angin demak dengan performasi turbin Savonius dapat menghasilkan listrik yang digunakan untuk penerangan tambak di Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung.

Kata Kunci : Energi angin; Savonius VAWT; Kecepatan angin; Demak

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., MT.,
2. Ir. Husin Bugis, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP